Sehari Sebelum Meletus, Status Gunung Semeru Masih Level II

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Sabtu 04 Desember 2021 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 340 2511926 sehari-sebelum-meletus-status-gunung-semeru-masih-level-ii-HHD9Ye2PNO.jpg Gunung Semeru meletus (Foto: ist)

BANDUNG - Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB. Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu masih berstatus level II atau Waspada sehari sebelum meletus.

Informasi tersebut diperoleh dari akun Instagram resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Dalam akun @pvmbg_ tersebut diterangkan, berdasarkan update data per 3 Desember 2021, Gunung Semeru merupakan satu dari 17 gunung berapi di Indonesia dengan aktivitas di atas normal dan berstatus level II.

Baca Juga:  Semeru Meletus, Jembatan Penghubung Lumajang-Malang Ambruk Diterjang Lahar Dingin

PVMBG sendiri tidak memasukan Gunung Semeru ke dalam tiga gunung berapi dengan aktivitas di atas normal yang sudah berstatus lebih tinggi atau Level III (SIAGA).

Apapun ketiga gunung berapi berstatus Level III tersebut, yakni Gunung Ili Lewotolok di Nusa Tenggara Timur, Merapi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Sinabung di Sumatera Utara.

"Haii kawan mitigasi, per hari ini, ada 3 gunung api yang tingkat aktivitas/statusnya di Level III (SIAGA) dan 17 gunung api di tingkat aktivitas atau Level II (WASPADA). Kawan Mitigasi tinggal di deket gunung api mana? Kalau Mican tinggal di deket G. Tangkuban Parahu," tulis akun tersebut.

Dikutip dari dokumen Pengenalan Gunungapi yang diunggah di laman Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), ada empat tingkatan status gunung api di Indonesia.

Berikut adalah keempat status tingkatan tersebut sebagaimana

1. Aktif Normal (Level I)

Pada status ini, berdasarkan pengamatan dari hasil visual, kegempaan dan gejala vulkanik lainnya, kegiatan gunung api tersebut tidak memperlihatkan adanya kelainan.

2. Waspada (Level II)

Terjadi peningkatan kegiatan gunung api berupa kelainan yang tampak secara visual atau berdasarkan hasil pemeriksaan kawah, kegempaan dan gejala vulkanik lainnya.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Listrik di Wilayah Lumajang Padam

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini