Ratusan Rumah Suku Laut Riau Rusak Dihantam Ombak

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Kamis 09 Desember 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 340 2514340 ratusan-rumah-suku-laut-riau-rusak-dihantam-ombak-ErjVWPK0IM.jpg Rumah suku laut rusak dihantam ombak (foto: MNC Portal/Banda)

PEKANBARU - Ratusan rumah warga Suku Laut di Desa Panglima Raja, Kecamatan Concong, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) rusak parah dihantam ombak. Namun tidak ada korban jiwa karena warag Suku Laut mahir berenang.

Presiden Bangsa Orang Laut Sedunia, PRj. Haryono Maha Seri Bijawangsa mengatakan, ada 350 Kepala Keluarga yang terdampak hantaman ombak. Kerusakan dari ringga ringga rusak parah. Musibah ini terjadi pada 8 Desember 2021 siang.

"Sekitar 350 KK yang terdampak hantaman ombak, akibat dari angin utara ini," kata Haryono Maha Seri Bijawangsa, Kamis (9/12/2021).

Baca juga:  BMKG: Waspada Gelombang Sangat Tinggi hingga 6 Meter di Kepulauan Natuna dan Papua

Dia mengatakan, rumah warganya yang mengalami rusak parah adalah yang rumahnya di tengah laut. Sementara penduduk yang rumahnya di tepi laut hanya mengalami rusak ringan.

"Jadi rumah yang rusak parah itu yang di tengah. Tapi tidak ada korban jiwa karena mereka bisa berenang. Kita perkirakan ombak angin utara ini akan berlangsung sampai Bulan Februari," imbuhnya.

Baca juga:  Waspada! Gelombang Setinggi 6 Meter Intai Perairan Indonesia

Suku Laut merupakan salah satu suku asli di Riau. Mereka hidup dan membangun rumah di laut. Mereka mengantungkan hidup dari alam.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini