Share

Ada Petir dan Langit Warna Merah di Gunung Arjuno Welirang, BMKG Bilang Itu Biasa

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 14 Desember 2021 02:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 340 2516522 ada-petir-dan-langit-warna-merah-di-gunung-arjuno-welirang-bmkg-bilang-itu-biasa-icDeFSrKzU.jpg Fenomena alam awan berwarna merah (Foto : MPI/Istimewa)

MALANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan petir dan langit merah merupakan fenomena alam yang biasa terjadi. Hal ini didasarkan pada analisa berdasarkan sejumlah video dan gambar yang beredar di masyarakat.

Kasi Data Dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengutarakan, pihaknya menerima adanya video dan foto terkait fenomena petir dan langit berwarna merah tersebut. Dari beberapa foto dan video tersebut pihaknya menganalisa, memantau, dan melihat serta menyimpulkan dari beberapa kajian data yang dimiliki.

"Fenomena awan yang terlihat berwarna merah, merupakan hal yamg biasa terjadi. Hal tersebut merupakan salah satu contoh fenomena optik atmosfer," ucap Teguh Tri Susanto, saat melalui keterangan tertulisnya, pada Senin malam (13/12/2021).

Menurutnya, fenomena awan berwarna merah pada awan dan langit di sekitarnya dikarenakan adanya pembiasan cahaya matahari oleh partikel - partikel yang ada di atmosfer. Sehingga menghasilkan energi yang rendah, gelombang panjang, dan memunculkan warna kemerahan.

"Semakin rendah posisi matahari dari garis cakrawala, maka semakin rendah pula cahaya merah yang dicapai. Fenomena langit kemerahan ini biasanya memang terjadi pada sore menjelang malam hari," ujar Teguh kembali.

Pihaknya juga menyebut, telah mengamati radar BMKG Juanda sepanjang Senin sore hingga malam. Dimana dari pantauan radar BMKG Juanda tersebut, banyak ditemukan pertumbuhan awan kumulonimbus.

"Awan kumulonimbus adalah satu-satunya jenis awan yang dapat menghasilkan petir. Sambaran kilat dari awan ini menambah cahaya kemerahan dari langit tersebut," tuturnya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Dirinya meminta agar masyarakat tidak panik dan terhindar dari isu - isu yang tidak bertanggung jawab pasca video fenomena petir dan langit berwarna merah dari Gunung Arjuno Welirang muncul.

"Masyarakat agar tidak panik, tetap selalu memantau dan mencari informasi yang valid, sehingga terhindar dari isu isu yang tidak bertanggung jawab," bebernya.

Sementara itu Prakirawan BMKG Karangploso Edythya Ferlani W. memastikan, info yang beredar adanya aktivitas vulkanik di Gunung Arjuno Welirang tidak benar. Menurutnya, bila ada aktivitas vulkanik yang terjadi di Gunung Arjuno Welirang, maka hal itu disampaikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"Kalau pun ada aktivitas gunung, informasinya pasti dari PVMBG, yang biasanya diteruskan ke BPBD. Jadi bukan ranahnya BMKG kalau masalah aktivitas gunungnya," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan aktivitas petir disertai dengan langit berwarna merah terlihat di kawasan Gunung Arjuno Welirang. Fenomena terlihat dari beberapa area di sekitar gunung dan terekam oleh kamera smartphone milik warga, pada Senin malam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini