Share

5 Negara Terapkan Hukuman Kebiri, Salah Satunya Indonesia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 18 Desember 2021 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 18 2518776 5-negara-terapkan-hukuman-kebiri-salah-satunya-indonesia-BRuz2ojcoH.jpg Ilustrasi pelecehan seksual anak (Foto: Okezone)

INGGRIS - Kejahatan seksual, terutama yang menyasar anak di bawah umur banyak ditemukan di beberapa negara. Pelecehan seksual ini harus dicegah dan pelaku juga harus dihukum dengan setimpal agar tidak lagi mengulangi perbuatan kriminal tersebut. Hukuman kebiri menjadi salah satu alternatif hukum yang dapat dijatuhkan. Beberapa negara di dunia sudah melegalkan kebiri kimia bagi pelaku kejahatan seksual. Berikut daftar 5 negara yang menerapkan hukuman kebiri diolah dari berbagai sumber.

1. Indonesia

Indonesia pertama kali menjatuhkan hukuman kebiri bagi MA, pria asal Mojokerto, Jawa Timur. Ia sampai hati melakukan pencabulan terhadap 9 orang anak di bawah umur pada Oktober 2018. Melansir Okezone, MA akhirnya dijatuhi hukuman kebiri kimia ditambah kurungan selama 12 tahun penjara dan denda Rp 100 juta, subsider 6 bulan kurungan. Hukuman yang dijhatuhkan ini dirasa sudah sangat tepat, mengingat landasan hukumnya juga sudah tersedia.

Baca juga: Deretan Hukuman Kebiri di Berbagai Negara, Nomor 3 Paling Heboh

2. Inggris

Inggris juga merupakan negara yang melegalkan hukuman kebiri. Hal itu terbukti pada tahun 1952 saat ahli Matematika supercerdas, Alan Turning, mendapat hukuman kebiri kimia. Orang berpengaruh pada abad ke-20 sekaligus pemecah kode rahasia milik Nazi Jerman saat Perang Dunia kedua itu terbukti bersalah karena melakukan tindakan homoseksual.

3. Korea Selatan

Hukuman kebiri kimia dilakukan di Korea Selatan pada 2012. Mengutip Reuters, vonis itu dijatuhkan kepada seorang pria bernama Park yang berusia 45 tahun. Park terbukti bersalah setelah melakukan pemerkosaan terhadap anak-anak usia 13 tahun. Aksi itu ia lakukan antara tahun 1984 hingga 2002.

4. Rusia

Parlemen Rusia mengesahkan aturan hukum yang mengizinkan pihak pengadilan untuk melakukan kebiri kimia pada Oktober 2011. Mengutip informasi yang terdapat dalam tulisan ‘Menguji Euforia Kebiri’ dari Institute for Criminal Justice Reform, hukuman tersebut menyasar para pelaku kejahatan seksual terhadap anak berusia di bawah 14 tahun. Sementara itu, seseorang baru dinyatakan bersalah dan menerima vonis kebiri kimia setelah mendapat keputusan dari dokter.

5. Ukraina

Pemerintah Ukraina sudah meresmikan hukuman kebiri bagi para pedofilia. Adapun kebiri yang dimaksud merupakan jenis kebiri kimia. Mengutip situs RFERL (Radio Free Europe Radio Liberty), undang-undang itu disahkan pada Juli 2019 dan resmi diberlakukan sehari setelahnya. Bersamaan dengan hukuman kebiri kimia ini, tersangka juga akan menjalani hukuman 15 tahun penjara untuk pelaku pemerkosaan anak di bawah umur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini