Share

Tendang dan Buang Sesajen di Semeru, Polda Jatim Bentuk Tim Khusus

Lukman Hakim, Koran SI · Senin 10 Januari 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 340 2529790 polda-jatim-bentuk-tim-khusus-buru-pria-yang-tendang-dan-buang-sesajen-di-semeru-ssy61U2rjY.JPG Viral Pria Buang Sesaji di Gunung Semeru (Foto: Ist)

SURABAYA - Polda Jawa Timur (Jatim) membentuk tim khusus (timsus) guna memburu pria yang diduga melakukan perusakan pada sesajen makanan di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang. Aksi pria itu terekam dalam sebuah video dan viral di media sosial.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, menurut informasi yang beredar di lokasi kejadian, aksi perusakan diduga dilakukan salah satu relawan. "Kami masih melakukan pencarian juga monitoring media sosialnya yang naikkan (videonya) itu. Kita juga sudah bentuk tim untuk melakukan pencarian terhadap pelaku tersebut," katanya, Senin (10/1/2022).

Lebih jauh Gatot menambahkan, pihaknya masih belum dapat memastikan, apakah relawan itu merupakan relawan pendatang ataukah warga lokal. Hal itu akan diketahui secara pasti ketika pelaku sudah berhasil ditangkap dan dimintai keterangan.

"Selama ini Lumajang sudah mulai damai, mulai aman, mulai bagus. Jangan sampai dirusak dengan adanya video-video yang mengandung SARA dan kita harus menghormati kearifan lokal daerah situ," pinta Gatot.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya ketahui, sebuah video berdurasi sekitar 30 detik terjadi pada Jumat (7/1/2022) viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi di tepi sungai aliran lahar dingin Gunung Semeru, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Video itu memperlihatkan seorang pria dengan mengenakan tutup kepala hitam dan rompi hitam mendekat ke sebuah sesajen yang diletakkan di atas tanah. Terdapat dua sesajen, yakni buah dan nasi yang masing-masing berada di wadahnya. Tak lama kemudian, pria tersebut membuang sesajen itu dengan cara di lempar dan ditengah.

"Inilah yang justru mengundang murka Allah, hingga Allah menurunkan azabnya. Allahu Akbar," ucap pria tersebut dan langsung melempar dan menendang sesajen.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini