Share

Gelar Konvensi Rakyat, Pengamat: Partai Perindo Potensial Jadi Partai Modern

Lukman Hakim, Koran SI · Sabtu 15 Januari 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 340 2532720 gelar-konvensi-rakyat-pengamat-partai-perindo-potensial-jadi-partai-modern-j0Z0jGNJGk.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

SURABAYA - Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo (UTM) Madura, Surokim Abdussalam menyebut, konvensi rakyat yang digelar Partai Perindo merupakan upaya untuk membuka kesetaraan dimana selama ini publik sulit memasuki ruang partai politik parpol.

Hal itu disampaikan Surokim usai diundang dalam kegiatan konsolidasi yang digelar DPW Partai Perindo Jatim di Kantor DPW Partai Perindo Jatim, Jalan Kertajaya, Surabaya, Sabtu (15/1/2022). Sebelumnya, Partai Perindo konvensi rakyat yang dapat diakses melalui saluran digital untuk menjaring bakal calon legislatif untuk kontestasi Pemilu 2024 dari sekarang.

Baca juga: Untuk informasi dan registrasi keanggotaan Partai Perindo, kunjungi bit.ly/MemberPartaiPerindo

Menurut Surokim, Pemilu 2024 akan menarik dan kemungkinan akan ada fenomena mengejutkan terkait dengan eksistensi pemilih transisional yang bertumpu pada pemilih milenial dan perempuan dengan jumlah yang signifikan. "Mereka netizen yang akrab dengan teknologi digital dan terkoneksi dengan media sosial yang aktif," katanya.

Sehingga, kata dia, partai politik yang bisa menangkap peluang tersebut adalah langkah cerdas. Pemilih milenial merupakan pemilih yang sulit loyal dan sulit permanen, selalu kritis dan bisa berubah sesuai logika kritisnya.

Baca juga: Untuk informasi tahapan dan mekanisme Konvensi Rakyat, kunjungi konvensirakyat.com atau hubungi (021) 5068200 dan (WA) 081901002376

"Tapi jika mereka mendapatkan akses, peluang dan engagement politik, maka mereka akan bisa mendukung dengan jaringan sosialnya. Jadi membangun politik dengan basis digital sesungguhnya adalah ikhtiar modernisasi politik masa depan dan sekali lagi itu langkah cerdas," imbuhnya.

Peneliti senior dari Surabaya Survey Center (SSC), ini menambahkan, konvensi rakyat melalui digital adalah ikhtiar untuk membuka kesetaraan dan keterbukaan komunikasi. Dimana selama ini publik sulit memasuki ruang partai politik parpol sekarang lebih mudah melalui teknologi digital.

"Implikasinya akan kompleks, tetapi sebagai partai baru saya pikir ini terobosan. Kian banyak dukungan dan partisipasi publik maka ekspansi partai akan kian masif. Saya pikir tradisi ini akan membawa Perindo menjadi partai modern berbasis digital yang mapan. Memang plus minus tetapi saya pikir plusnya lebih banyak dengan mengusung strategi ini," terangnya.

Rekrutmen secara digital, imbuhnya, sebenarnya bisa diantisipasi sejak awal dengan teknologi yang mapan. Investasi teknologi bagi parpol memang mahal di awal. Tapi peluang untuk ekspansi cukup tinggi. Jika perangkat teknologi kian mapan, maka dia yakin Perindo akan memiliki positioning bagus sebagai partai urban milenial modern.

"Saya pikir, jika ikhtiar itu bisa dilakukan konsisten dan sungguh-sungguh, maka bisa membuat Perindo potensial menjadi partai modern yang bisa menangkap trend politik virtual menuju partai tengah," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini