Share

Dituduh Hina Nabi Adam dan Islam, Penyanyi Populer Dituntut Pidana

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 20 Januari 2022 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 18 2534981 dituduh-hina-nabi-adam-dan-islam-penyanyi-populer-dilaporkan-ke-polisi-Ac0GO6FkAr.jpg Sezen Aksu. (Foto: Wikipedia)

ANKARA - Penyanyi pop terkenal Turki, Sezen Aksu mendapat kecaman dari pemerintah dan pejabat agama karena dituduh menghina Nabi Adam dan istrinya Hawa dalam lirik lagunya tahun 2017 'Sahane Bir Sey Yasamak' (yang secara kasar diterjemahkan menjadi 'Hidup adalah hal yang luar biasa').

BACA JUGA: Putin: Menghina Nabi Muhammad Bukanlah Kebebasan Berekspresi

Diwartakan Daily Sabah, kontroversi itu muncul setelah sang diva membagikan lagunya di akun YouTube resminya untuk memperingati Tahun Baru. Meskipun lirik lagu itu tampaknya tidak mendapat banyak perhatian ketika dirilis, Daily Sabah melaporkan bahwa Aksu dikritik karena menghina pasangan, yang dianggap sebagai tokoh suci dalam Islam dan disebut dengan gelar kehormatan agama.

Lagu tersebut berisi syair yang diterjemahkan menjadi "Berikan salamku kepada Hawa dan Adam yang bodoh itu". Lirik tersebut dikutip sebagai alasan untuk mengajukan tuntutan pidana terhadap Aksu.

Dalam tuntutan yang baru-baru ini diajukan di Ankara, Aksu dituding telah “menghina nilai-nilai agama,” demikian dilaporkan Deutsche Welle Turkish pada Senin (17/1/2022).

BACA JUGA: Hoaks! Pemain Musik di Jerman Hentikan Permainan saat Azan

“Situasi ini menimbulkan kemarahan yang dibenarkan di antara mereka yang percaya pada agama Islam. Faktanya, ada kemarahan terhadap tersangka oleh banyak orang di saluran YouTube, halaman Facebook, dan situs web tersangka,” kata Mikail Yilmaz, pengacara pelapor sebagaimana dilansir RT.

Dia menambahkan bahwa Aksu menggunakan "ekspresi menghina" tentang Adam dan Hawa "dengan cara yang dapat menyebabkan kemarahan publik."

Para pengunjuk rasa juga menggelar demonstrasi di luar rumah Aksu di Istanbul, sementara tagar #SezenAksuHaddiniBil (Sezen Aksu, Anda harus tahu diri) menjadi viral di Twitter, Daily Sabah melaporkan, menambahkan bahwa lebih banyak pengaduan pidana telah diajukan dengan tuduhan penghinaan terhadap nilai-nilai agama. Pelanggaran tersebut dilaporkan membawa hukuman penjara hingga satu tahun.

Kepresidenan Urusan Agama (DIB) juga mengeluarkan pernyataan pada Senin, memperingatkan agar orang-orang yang berbicara tentang tokoh teladan yang dihormati oleh Islam untuk lebih berhati-hati. Mengingat bahwa Adam dan Hawa adalah nenek moyang umat manusia, badan pemerintah tersebut menyatakan bahwa ”setiap sikap ceroboh terhadap tokoh agama seperti itu tidak menunjukkan rasa hormat”.

Aksu belum mengomentari masalah ini, tetapi artis lain telah membelanya. Penyanyi populer Mustafa Sandal menyebutnya sebagai salah satu "penyair paling penting" di negara itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini