Share

Gagal Mendarat, Pilot Terlempar dari Pesawat Tempur dan 7 Terluka

Susi Susanti, Okezone · Selasa 25 Januari 2022 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 18 2537331 gagal-mendarat-pilot-angkatan-laut-as-terlempar-dari-pesawat-tempur-dan-7-terluka-3785zDRewH.jpg Jet tempur F-35C (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Tujuh pelaut Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) terluka pada Senin (24/1) ketika sebuah pesawat tempur F-35C gagal mendarat di dek kapal induk USS Carl Vinson di Laut China Selatan. Akibat kecelakaan itu, pilot dilaporkan terlempar keluar dari jet tempur.

Sebuah pernyataan angkatan laut mengatakan insiden itu terjadi selama "operasi penerbangan rutin" di Laut China Selatan.

"Pilot dengan selamat keluar dari pesawat dan ditemukan melalui helikopter militer AS," katanya.

"Pilot dalam kondisi stabil. Total ada tujuh pelaut yang terluka,” lanjutnya.

 Baca juga: 4 Negara yang Bikin Jet Tempur Sendiri, dari Harga Rp400 Miliar - Rp2 Triliun

Pernyataan itu mengatakan tiga pelaut memerlukan evakuasi ke fasilitas medis di Manila. Lalu empat dirawat di atas kapal induk dan kemudian dinyatakan sembuh dan dibebaskan. Semua pelaut yang dievakuasi dinilai dalam kondisi stabil.

Angkatan Laut mengatakan penyebab "kecelakaan dalam penerbangan" sedang diselidiki.

Baca juga:  Finlandia Beli 64 Jet Tempur F-35 Buatan AS, Biden Sambut Baik

Jet F-35 dibuat oleh Lockheed Martin. Pentagon mengatakan dua Grup Serangan Kapal Induk Angkatan Laut AS, yang dipimpin oleh Carl Vinson dan USS Abraham Lincoln, mulai beroperasi di Laut China Selatan pada Minggu (23/1).

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini