Share

Momen HPN, Diskominfo Ajak Insan Pers Konsisten Lakukan Penyebarluasan Informasi

Agustina Wulandari , Okezone · Rabu 09 Februari 2022 22:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 1 2544887 momen-hpn-diskominfo-ajak-insan-pers-konsisten-lakukan-penyebarluasan-informasi-maEeQEWNCC.jpg Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon. (Foto: Dok.Pemkab Jayapura)

SENTANI - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) jatuh pada hari ini, 9 Februari 2022. Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak para insan media untuk senantiasa menghadirkan berita yang terpercaya dan dapat mengedukasi masyarakat, serta tetap konsisten melakukan penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

Kadis Kominfo Gustaf Griapon mengatakan, Pemkab Jayapura melalui Dinas Kominfo mengajak agar teman-teman pers tetap konsisten untuk melakukan penyebarluasan informasi pembangunan di daerah ini, pers juga menjadi mata dan telinga untuk mengontrol pemerintah.

"Jadi, pers bisa maksimal dalam memerankan fungsinya yaitu sebagai penyampai informasi, edukasi, hiburan sekaligus kontrol sosial. Tentunya, harus sesuai dengan kode etik jurnalistik," katanya kepada media, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Rabu (9/2/2022).

Oleh karena itu, kata Gustaf, di momentum peringatan HPN 9 Februari 2022 ini, pihaknya mengadakan peresmian Media Center dan penandatanganan kerjasama MoU dengan media massa, serta memperingati Hari Pers Nasional 2022.

"Mungkin selama ini kita jarang peringati atau rayakan hari pers, baru kali ini kita lakukan. Ke depan momentum hari pers tahun ini, untuk meningkatkan sinergitas antara pers dengan pemkab. Sehingga berita yang tersaji dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya.

Selain itu, peran pers juga dibutuhkan oleh Pemkab agar penyampaian informasi penyelenggaraan pemerintahan dapat diketahui oleh masyarakat. Dengan demikian, lanjut Gustaf, diharapkan tercipta situasi yang menumbuhkan rasa saling percaya. Sehingga partisipasi dari masyarakat juga meningkat.

"Jadi, idealisme teman-teman wartawan tetap dipegang, guna menyuarakan bagi yang belum disuarakan," tuturnya.

CM

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini