Share

4 Istana Paling Megah di Dunia, Milik Sultan Brunei Kalahkan Buckingham?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 10 Maret 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 18 2558847 4-istana-paling-megah-di-dunia-milik-sultan-brunei-kalahkan-buckingham-HTuKJA5IQd.jpg Istana Nurul Iman Brunei Darussalam (Foto : Istana Nurul Iman Org)

SEBAGAI tempat tinggal kepala negara dan keluarganya, keberadaan istana tentunya menjadi sangat diperlukan. Istana-istana yang tersebar di dunia umumnya megah, dengan fasilitas mewah di dalamnya. Berikut adalah 4 istana paling megah di dunia.

1. Istana Nurul Iman Brunei Darussalam

Istana yang menjadi kediaman Sultan Brunei Hassanal Bolkiah ini tercatat sebagai kediaman kepala negara terbesar di dunia. Melansir laman Istana Nurul Iman, diketahui tempat ini bahkan jauh lebih besar dibandingkan dengan Istana Buckingham di Inggris.

Bangunan ini didominasi oleh warna putih dengan kubah emas di atasnya. Istana Nurul Iman merupakan karya dari arsitek Leonardo V. Locsin yang memadukan desain berbau Islam dan Melayu. Istana ini selesai dibangun pada 1984 dengan biaya 1,5 miliar dolar AS.

Istana Buckingham (Foto : Royal)

2. Istana Buckingham

Ratu Inggris Elizabeth II tinggal di Istana Buckingham yang sangat terkenal. Bangunan itu dibeli oleh George III di tahun 1762 untuk tempat tinggal istrinya, Ratu Charlotte. Sejak itulah, Buckingham dikenal sebagai rumah ratu.

Ratusan tahun berdiri, istana megah itu sedang dalam renovasi besar-besaran sejak 2019. Laman British Heritage menyebut, total biaya yang diperlukan untuk merenovasi tempat itu sekitar 500 juta dolar AS. Proses renovasi ditargetkan akan rampung pada 2027 mendatang.

Dalam kediamannya itu, sang Ratu gemar meletakkan berbagai lukisan dan pajangan mewah. Dalam laman Twitter The Royal Family, Ratu mengeluhkan betapa sulitnya memindahkan seluruh koleksinya itu sebelum renovasi dilakukan.

3. Istana Versailles

Istana Versailles merupakan sebuah istana megah yang berdiri di Kota Versailles, Prancis. Istana ini tadinya merupakan tempat tinggal Raja Prancis dan keluarganya serta sebagai pusat pemerintahan. Kini, Istana Versailles adalah tengara terkenal milik Prancis yang sangat mendunia.

Awalnya, tempat ini merupakan rumah istirahat bagi Raja Prancis, Louis XIII yang memerintah pada 1610 – 1643 usai berburu. Baru kemudian, di masa kepemimpinan Louis XIV, kediaman tersebut diubah menjadi istana mewah dengan fasilitas terbaik. Tidak ada informasi pasti mengenai biaya pembangunan Istana Versailles. Namun, para sejarawan memprediksi nilainya mencapai 2 miliar dolar AS.

4. Istana Schonbrunn

Istana Schonbrunn terletak di Wina, Australia dan dibangun antara tahun 1696 dan 1712. Melansir Guardian, istana megah ini dibangun oleh Kaisar Leopold I dan memiliki lebih dari seribu kamar. Biaya pembangunannya diprediksi mencapai 1,5 miliar dolar AS. Pada tahun 1996, UNESCO memasukkan Istana Schonbrunn ke dalam situs warisan dunia. Jumlah pengunjung yang bertandang ke Istana Schonbrunn pada 2017 tercatat sebanyak ada 3,8 juta orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini