Share

Gubernur Khofifah dan Dubes Finlandia Jajaki Potensi Kerja Sama di Bidang Pendidikan

Rahmat Ilyasan, iNews · Minggu 27 Maret 2022 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 340 2568449 gubernur-khofifah-dan-dubes-finlandia-jajaki-potensi-kerja-sama-di-bidang-pendidikan-lERFWNlvB2.jpg Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan Dubes Finlandia (Foto: MNC Portal)

JAWA TIMUR - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan Dubes Finlandia untuk Indonesia HE Jati Sinkari yang ditemani Konsul Kehormatan Finlandia di Surabaya Hariyanto Tanoesoedibjo di Gedung Negara Grahadi.

Pertemuan keduanya untuk menjejaki potensi kerja sama di bidang pendidikan dan teknologi. Diharapkan kerja sama ini bisa meningkatkan indeks pembangunan manusia di Jawa Timur.

Khofifah mengatakan bahwa sistem pendidikan Finlandia sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Sistem pendidikan di Finlandia tidak ada ujian nasional dan jarang mendapatkan tugas sekolah namun mampu berprestasi saat duduk di bangku kuliah.

"Kepada Pak Dubes saya menyampaikan pentingnya Jatim mendapatkan penguatan sistem pendidikan seperti yang di Finlandia," kata Khofifah Sabtu 26 Maret 2022.

Ia menambahkan, indeks pembangunan manusia Finlandia juga menjadi salah satu yang terbaik di dunia dengan menerapkan di banyak perguruan tinggi yang menggunakan sistem pendidikan mulai dari Taman Kanak-Kanak membuat siswa bahagia dalam belajar dengan suasana senang lainnya saat bersekolah.

Baca juga: Gubernur Khofifah Tengah Malam Bertemu Zulhas, Bahas Apa?

"Tak ada ujian dan PR untuk pelajar TK dan itu penting bagaiamana tak ada ujian nasional yang membuat siswa panik tapi di perguruan tinggi dia berprestasi," ucapnya.

Mantan Mensos itu menambahkan bahwa sistem pendidikan di Finlandia penting untuk ditransferkan ke Jawa Timur guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga: Khofifah: Pesan Presiden Jokowi Pemimpin Harus Berpikir dan Bekerja Extraordinary

"Dan insya Allah juga masih dibahas untuk sektor perdagangan," ujarnya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini