Share

Heboh Selebaran Ajak Balap Liar Selama Puasa, Polisi Turun Tangan

Adi Haryanto, Koran SI · Kamis 07 April 2022 03:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 07 525 2574586 heboh-selebaran-ajak-balap-liar-selama-puasa-polisi-turun-tangan-7bNDSamztv.jpg Selebaran balap liar (Foto: Ist/Adi Haryanto)

CIMAHI - Polisi sedang menyelidiki beredarnya selebaran poster acara balapan motor yang diduga aksi balap liar digelar selama bulan Ramadan. Selebaran tersebut sudah viral setelah tersebar di media sosial dan di sejumlah WhatsApp grup komunitas masyarakat.

Selebaran itu bertulisan Romadhon Race Championship 2022. Isinya berupa ajakan untuk menyaksikan aksi balapan motor di keluar pintu Tol Soroja yang masuk wilayah hukum Polres Cimahi mulai 3 April hingga 3 Mei 2022, pada pukul 04.00-06.30 WIB dan pukul 16.00-18.00 WIB.

"Kami sedang menelusuri acara yang diduga balap liar itu, karena kegiatan seperti itu kerap meresahkan masyarakat dan bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas," ujar Wakapolres Cimahi, Kompol Niko N Adiputra, Rabu (6/4/2022).

BACA JUGA:Balap Liar di Pulogadung, 12 Remaja Diamankan 

Pihaknya sedang menelusuri dan mencari siapa yang membuat ajakan balap liar itu. Termasuk menyiagakan personel untuk melakukan patroli penegakan aturan dengan membubarkan jika ada aktivitas balap liar di lokasi tersebut.

Apalagi, di selebaran itu tercatat jadwal dan tempat kapan dilakukannya balapan. Termasuk juga sejumlah kelas yang diperlombakan seperti kelas matic standar pabrik, bebek 4T 130 cc Tu Open, matic 200 cc Tu Open, matic 200 cc Tu Rookies Jabar, dan sejumlah kelas lainnya.

"Protapnya jelas, pertama pembubaran dan juga akan menindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku jika ada yang sudah berulang-ulang melakukan balap liar," tegasnya.

BACA JUGA:Puluhan Pembalap Liar Diamankan, 18 Motor hingga 5 Unit Mobil Disita 

Untuk antisipasi, pihaknya tidak segan merazia dan mengamankan motor yang digunakan untuk balap liar. Terlebih, jika kedapatan menggunakan knalpot bising dan tidak dilengkapi dengan surat-surat kendaraan. Seperti yang sudah dilakukan pada akhir pekan lalu di kawasan pintu keluar Tol Soroja.

"Kalau ada yang berlawanan dengan hukum, kami akan tindak tegas oleh perseonel satuan penegak hukum baik dari serse maupun intel," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini