Share

Lapas Kotabaru Gagalkan Penyelundupan Sabu dalam Pisang Ijo

Antara, · Minggu 10 April 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 10 340 2576297 lapas-kotabaru-gagalkan-penyelundupan-sabu-dalam-pisang-ijo-exm9pMDnqL.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BANJARMASIN - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabaru, Kalimantan Selatan berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu melalui penitipan barang dan makanan bagi warga binaan Pemasyarakatan.

"Satu paket sabu-sabu diselipkan pada bungkusan makanan pisang ijo yang ditujukan kepada salah satu warga binaan," kata Kalapas Kotabaru Yosef Benyamin Yembise di Kotabaru, Minggu (10/4/2022).

Kini narapidana bersangkutan masih diperiksa intensif oleh petugas Lapas sembari berkoordinasi dengan Polres Kotabaru untuk mengungkap jaringan pengedar yang terlibat.

Yosef menegaskan ada sanksi berat dijatuhkan kepada warga binaan yang terbukti melakukan pelanggaran. Apalagi yang terkait narkoba.

Baca juga: Razia Lapas Perempuan Yogyakarta, Petugas Temukan Barang Berbahaya

"Tidak ada ruang bagi penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Lapas, ini jadi komitmen kami mewujudkan Lapas bebas narkoba," katanya.

Baca juga: Atasi Overcrowding di Lapas, Ditjenpas Inisiasi MoU Keadilan Restoratif

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan Lilik Sujandi memberikan apresiasi kepada petugas Lapas Kelas Kotabaru yang dengan sigap berhasil mengagalkan upaya penyelundupan barang haram tersebut.

"Keberhasilan ini berkat upaya maksimal memastikan bahwa seluruh barang titipan telah diperiksa dan tidak terdapat barang terlarang yang dapat lolos masuk ke dalam Lapas," kata dia.

Diakui Lilik, tingginya intensitas penitipan barang jelang lebaran dapat menjadi celah yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku untuk menyelundupkan barang-barang terlarang ke dalam Lapas maupun Rutan.

Karenanya dia mengingatkan integritas dan kesigapan petugas harus terus dioptimalkan untuk dapat memeriksa seluruh paket yang masuk ke Lapas maupun Rutan.

"Saya atensi bagi seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan agar semakin meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keamanan serta ketertiban di Lapas dan Rutan selama Ramadhan ini," ujarnya.

Baca juga: Napi Narkoba Kabur dari Lapas Ternate, Ini Tampangnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini