Share

Ratusan Mahasiswa Bandung Gelar Demonstrasi Penundaan Pemilu

Arif Budianto, Koran SI · Senin 11 April 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 525 2576741 ratusan-mahasiswa-bandung-gelar-demonstrasi-penundaan-pemilu-s7W7Rluuqf.jpg Ilustrasi (Koran Sindo)

BANDUNG - Ratusan mahasiswa Bandung Raya hari ini akan menggelar aksi demonstrasi menolak rencana penundaan pemilu 2024, Senin (11/4/2022). Aksi demonstrasi akan dipusatkan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Presiden KM ITB Muhammad Hanif Ihsan Syuhada mengatakan, mahasiswa yang tergabung dalam keluarga mahasiswa (KM) ITB akan mengerahkan sekitar 100 orang. Mereka akan bergabung dengan ratusan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya dari Bandung raya.

"Data sementara, mahasiswa yang akan ikut aksi demonstrasi minimal 500 orang. Tapi jumlah ini bisa terus bertambah hingga pelaksanaan di lapangan, " jelas dia.

Hanif mengaku, KM ITB memilih ikut serta pada aksi demonstrasi ini melihat perkembangan rencana penundaan pemilu 2024 makin nyata. Upaya demi upaya terus dicoba oleh elit politik untuk mewujudkan rencana yang bertentangan dengan konstitusi tersebut. Bukan hanya inkonstitusional, penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden juga menimbulkan banyak kerugian politik dan ekonomi.

"Kerugian politik yang dimaksud adalah dampak negatif terhadap kualitas dan kepastian ketatanegaraan, demokrasi, dan stabilitas politik, " jelas dia.

Sementara, pada aspek ekonomi, monopoli kekuasaan oleh segelintir pihak akan memicu lebih maraknya korupsi dalam pemerintahan. Selain itu, pemerintahan dengan watak otoriter juga cenderung menghasilkan kebijakan yang tidak berkualitas, sehingga dapat merugikan masyarakat luas. Arif budianto

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini