Share

Ledakan di Masjid Usai Salat Jumat Akibatkan 50 Jamaah Tewas, Diduga Bom Bunuh Diri

Susi Susanti, Okezone · Minggu 01 Mei 2022 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 30 18 2587861 ledakan-di-masjid-usai-salat-jumat-akibatkan-50-jamaah-tewas-diduga-bom-bunuh-diri-PaVyEuE9yI.jpg Ledakan di masjid di Kabul, Afghanistan, tewaskan 50 orang.

KABUL - Ledakan terjadi di masjid di wilayah Kabul, Afghanistan, saat jamaah tengah melaksanakan salat Jumat, 29 April 2022. Ledakan diketahui berasal dari aksi bom bunuh diri.

Wakil Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri, Besmullah Habib, menyatakan ledakan menghantam Masjid Khalifa Sahib di sebelah barat Kabul, pada sore hari. Dia menyebutkan, korban tewas sebanyak 10 orang. Namun, sumber lainnya menyebut, pihak rumah sakit telah menerima 66 mayat dan 78 orang terluka sejauh ini.

Ledakan terjadi ketika jamaah di masjid Sunni itu berkumpul setelah salat Jumat, yang dikenal sebagai Zikr. Tindakan zikir ini dilakukan beberapa muslim, tapi sejumlah kelompok Sunni garis keras memandangnya sesat.

Kepala Masjid, Sayed Fazil Agha, meyakini ada seseorang pelaku bom bunuh diri bergabung dengan mereka dalam upacara tersebut dan meledakkan bahan peledak.

"Asap hitam membumbung dan menyebar ke mana-mana, mayat ada di mana-mana," katanya kepada Reuters, seraya menambahkan keponakannya termasuk di antara korban yang tewas.

Baca Selengkapnya Ledakan Guncang Masjid Usai Salat Jumat, Lebih dari 50 Orang Meninggal

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini