Share

Polisi Perkirakan 50 Persen Pemudik ke Sumatera Belum Kembali ke Jawa

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Jum'at 06 Mei 2022 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 06 340 2590005 polisi-perkirakan-50-persen-pemudik-ke-sumatera-belum-kembali-ke-jawa-2XZ0SAet0I.jpg Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Puncak arus balik mudik lebaran 2022 diperkirakan berlangsung pada 6-8 Mei 2022. Hal tersebut menyusul dari masa cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah juga segera berakhir.

Direktur Lalu Lintas Polda Banten, Budi Mulyanto memperkirakan hingga hari ke-4 lebaran, setidaknya baru setengahnya masyarakat yang balik ke Pelabuhan Bakauheni untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Jawa.

"Sampai dengan sekarang kalau saudara kita di Jawa yang kemarin mudik di Sumatera itu kurang lebih 50% lagi yang belum balik," ujarnya saat di temui MNC Portal di Poslantas Merak, Jumat (6/5/2022).

Budi menjelaskan, setidaknya kurang lebih ada sekitar 100 ribu penumpang lagi yang belum berlabuh di Merak pascamelakukan mudik lebaran ke pulau Sumatera kemarin.

"Kalau kita asumsi 3 hari (waktu arus balik), berarti setiap hari kita harus mengakselerasikan kinerjanya dipelabuhan diarea jalan arteri setiap hari ada kurang lebih 30 ribu kendaraan," sambungnya.

Baca juga: Kabar Baik! Tiket Kereta Api Mulai Tersedia untuk Keberangkatan Mulai 9 Mei

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan perjalanan balik dari musim lebaran 2022 agar tidak terjadi penambahan jumlah penumpang secara signifikan di hari yang sama.

"Kita juga harus mengakselerasikan kendaraan yang datang dari Bakauheni di Merak, karena untuk mempercepat proses kendaraan masuk sendiri," kata Budi.

Baca juga: One Way dan Contraflow dari Tol Kalikangkung hingga Cikampek Mulai Diberlakukan

Seperti diketahui pada mudik lebaran 2022 ini dipekerjakan jumlahnya akan lebih banyak jika dibandingkan dengan musim mudik lebaran yang terjadi pada 2019.

Hal tersebut kemungkinan juga akan terjadi pada arus balik, yang bahkan jumlahnya bisa lebih banyak jika dibandingkan dengan arus mudik yang terjadi sebelumnya.

Budi menyebut, diperkirakan setidaknya ada penambahan 5 sampai 10 persen dari total penumpang yang diberangkatkan sebelum Idul Fitri 1443 Hijriah yang bakal datang ke Merak pada saat arus balik lebaran.

Baca juga: Puncak Arus Balik, Pemudik Mulai Berdatangan di Terminal Kampung Rambutan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini