Share

Rayakan Dies Natalis ke-9, UISI Gelar Pameran Karya, Workshop, hingga Pentas Seni

Agustina Wulandari , Okezone · Selasa 31 Mei 2022 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 1 2603424 rayakan-dies-natalis-ke-9-uisi-gelar-pameran-karya-workshop-hingga-pentas-seni-eHxwutkmmM.jpg Wakil Rektor I UISI Prof. Fahimah Martak meresmikan acara UISI Expo. (Foto: okezone.com/UISI)

Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) menyelanggarakan UISI Expo pada 28 – 29 Mei 2022 di Icon Mall Gresik. Kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-9 UISI tersebut diisi pameran karya sivitas UISI, talkshow dan pentas seni. UISI Expo juga diisi Sunday Market yang mengajak masyarakat umum untuk senam bersama sekaligus berbelanja di stand Icon Mall.

“Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) akan memperingati dan merayakan dies natalis ke-9,” ujar Prof.Dr.Ing. Herman Sasongko, Rektor UISI. UISI Expo merupakan momentum UISI untuk “open house” ke masyarakat umum. Panggung akan diisi berbagai agenda talkshow dan pentas seni dari sivitas UISI.

UISI Expo diisi dengan talkshow antara lain Talkshow Bisnis dari Nungki, owner Laksmi Bridal dan Wildan, content creator sekaligus alumni UISI dan Talkshow “How to Study in US” dari Konjen Amerika.

Sebanyak 10 prodi di UISI berpartisipasi untuk mengisi panggung, di antaranya membahas bisnis halal, workshop filter Instagram, bisnis ekspor, bagaimana berinvestasi, dan mengenal teknologi industri. Selain talkshow, kegiatan pentas seni juga diadakan seperti musik, tari dan drama. Acara UISI Expo ditutup oleh bintang tamu Soul5ive.

UISI Expo juga merupakan perayaan titik balik setelah Indonesia terkena pandemi dengan aturan ketat. Selama dua tahun kondisi pandemi, kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring. Namun, UISI terus berprogres dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“UISI melesat ke peringkat 53 dari 101 di bidang kemahasiswaan secara nasional pada 2021,” ucap Herman.

Pemeringkatan bidang kemahasiswaan dilakukan secara nasional oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemenristek DIKTI. Tahun ini UISI berhasil menembus peringkat ketiga di antara kampus Liga 3.

Peningkatan peringkat ini juga dibuktikan dengan naiknya kualitas bidang kemahasiswaan di UISI. “Pada tahun ini, jumlah prestasi mahasiswa di ajang nasional dan internasional bergengsi semakin naik,” ucapnya.

UISI meraih berbagai prestasi nasional misalnya yang baru-baru ini adalah juara di ajang KMI awards dan juara 1 Moonsoonsim internasional. Faktor berikutnya adalah UISI aktif dalam kegiatan Kampus Merdeka, utamanya dalam hal magang dan pengabdian masyarakat.

“Selama pandemi, UISI telah bersiap membangun fasilitas baru untuk menyambut perkuliahan tatap muka seperti lab virtual, co-working Wiragraha dan lab bisnis di kampus C,” tuturnya.

Lab Virtual berada di kampus B dan berfungsi sebagai pusat simulasi industri. Co-working space berada di Gedung baru Wiragraha berfungsi sebagai pusat training. Lab bisnis di kampus C berfungsi untuk mewadahi kreativitas mahasiswa dalam mengolah produk dari raw material sampai memasarkannya.

Mahasiswa Ekonomi Syariah menunjukkan papan permainan bisnis halal Gampinos (Foto: UISI)


Herman berharap UISI dapat terus berkontribusi dan memberikan manfaatnya bagi bangsa dan masyarakat, baik dalam pendidikan, riset, dan pengabdian masyarakat.

“UISI akan membuka program studi S1 Kedokteran, bekerja sama dengan Rumah Sakit Semen Gresik,” ungkap Wakil Rektor II Dr. Leo Herlambang.

Saat ini, UISI telah mempersiapkan pengajar, fasilitas, dan legalitas untuk pembukaan Prodi Kedokteran ini. “Pada bidang riset dan pengabdian masyarakat, hibah yang diterima UISI naik 230 persen pada 2021,” ujar Wakil Rektor I Prof.Fahimah Martak.

UISI juga diproyeksikan untuk mendapatkan hibah Kampus Merdeka Merdeka Belajar dari Kemendikbud dengan total proyek mencapai Rp1,7 miliar.

“Tahun ini, UISI juga dipercaya menjadi tuan rumah kompetisi nasional dari Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud yaitu Kompetisi Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK),” ucap Fahimah.

CM

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini