Share

Kasus Salah Tangkap, Pria Ini Harus Menghabiskan 17 Hari di Penjara

Susi Susanti, Okezone · Kamis 09 Juni 2022 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 18 2608811 kasus-salah-tangkap-pria-ini-harus-menghabiskan-17-hari-di-penjara-oV1h5hSSY9.jpg Pria ini jadi korban salah tangkap, menghabiskan 17 hari di penjara (Foto: Scott Palmer)

TEXAS - Seorang pria Arizona menggugat maskapai penerbangan American Airlines, mengklaim kelalaian maskapai menyebabkan dia menghabiskan 17 hari di penjara setelah dia menjadi korban salah tangkap terkait kasus perampokan di toko bebas bea di Bandara Internasional Dallas Fort Worth pada 2020.

Gugatan setebal 26 halaman itu diajukan Michael Lowe, seorang profesional di luar ruangan dan pemandu karir pada Senin (6/6/2022) di pengadilan Texas.

Menurut dokumen pengadilan, Lowe diketahui berada di penerbangan yang sama dengan tersangka perampokan yang aktivitasnya terekam dalam video.

Polisi bandara mendapat surat perintah penggeledahan untuk "setiap dan semua data perjalanan yang tercatat" untuk semua orang dalam penerbangan.

Baca juga: Duh! Kakek Ini Jadi Korban Salah Tangkap, Diciduk saat Kuburkan Anaknya

Gugatan itu menuduh maskapai penerbangan menggunakan prosedur yang ditetapkan dan mengidentifikasi hanya satu penumpang yakni Lowe.

Baca juga: Salah Tangkap, Pria Ini Babak Belur Usai Diciduk Densus 88

Maskapai penerbangan pada Rabu (8/6/2022) mengeluarkan pernyataan tentang surat perintah penggeledahan.

"Seperti yang dipersyaratkan oleh hukum, American bekerja sama dengan dan menanggapi perintah pengadilan untuk informasi yang terkait dengan kemungkinan kegiatan kriminal, dan itulah yang kami lakukan dalam kasus ini ketika kami diberikan surat perintah penggeledahan," kata pernyataan itu.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Peristiwa itu terjadi 12 Mei 2020 di toko bebas bea bandara. Menurut gugatan itu, pria yang diidentifikasi oleh pihak berwenang sebagai tersangka ditampilkan di video kamera pengintai menaiki penerbangan yang sama dengan Lowe.

Gugatan itu mengatakan berdasarkan kesalahan identifikasi dari American Airlines, surat perintah penangkapan untuk Lowe dikeluarkan di Tarrant County, Texas.

Lebih dari setahun kemudian - pada 4 Juli 2021 - Lowe ditangkap saat menghadiri sebuah acara selama liburannya di New Mexico ketika polisi yang mencari tersangka dalam gangguan menyebutkan namanya dan menemukan surat perintah terbuka.

Dia dimasukkan ke penjara di Quay County, New Mexico. Dia menghabiskan delapan hari sebelum menemui hakim dan diberi tahu bahwa tidak ada jaminan karena dia buron.

Dia akhirnya diekstradisi ke Texas tetapi dibebaskan sembilan hari kemudian.

"Saya belum pernah mendengar atau melihat pola fakta ini selama 25 tahun saya sebagai pengacara. Jika itu bisa terjadi pada Michael, itu bisa terjadi pada siapa saja. Dia hanyalah penumpang lain dalam penerbangan. Dia tidak melakukan kesalahan apa pun, tetapi orang Amerika secara salah memilihnya sebagai tersangka dalam penyelidikan kejahatan, yang mengakibatkan 17 hari penjara karena kejahatan yang tidak ada hubungannya sama sekali," kata salah satu pengacara Lowe, Scott Palmer, kepada CNN.

"American Airlines bertanggung jawab atas apa yang terjadi di sini. Tanpa pengungkapan nama Michael dan informasi sebagai tersangka tunggal oleh American, detektif tidak akan pernah mengeluarkan surat perintah. Semuanya dimulai dengan pengungkapan nama Michael dan namanya saja," tambahnya.

Menurut gugatan tersebut, setelah Lowe meninggalkan penjara dan kembali ke Flagstaff, dia memulai penyelidikannya sendiri, termasuk memanggil seorang detektif dari departemen kepolisian bandara yang mengatakan kepadanya bahwa dia telah melewatkan penampilan pengadilan di Texas dan harus menyerahkan diri.

Tapi kemudian keadaan berubah. "Beberapa saat setelah Lowe dibebaskan dari penjara, Detektif Torres memperoleh foto Lowe dari Quay County dan membandingkannya dengan foto-foto pelakunya, terlihat jelas bahwa American Airlines memiliki orang yang salah, dan bahwa Lowe bukanlah orang yang salah. Bukan orang yang bertanggung jawab atas perampokan pada 12 Mei 2020," kata dokumen itu.

Pengacara Lowe menghubungi detektif dan Kantor Kejaksaan Distrik Tarrant County dan diyakinkan bahwa tuduhan itu telah dibatalkan.

CNN telah menghubungi polisi bandara Dallas Fort Worth untuk memberikan komentar.

"Sebagai akibat dari insiden yang dijelaskan di sini, Lowe telah mengalami penderitaan mental dan tekanan emosional di masa lalu dan dalam kemungkinan yang wajar, penderitaan mental dan tekanan emosional seperti itu akan berlanjut di masa depan," kata gugatan itu. Selain itu, Lowe juga telah kehilangan uang dan potensi pendapatan.

Gugatan hukum ini hanya menyebut American Airlines sebagai tergugat. Lowe meminta pengadilan juri dan ganti rugi yang tidak ditentukan.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini