Share

Miliki Suhu Tinggi, Puluhan Hewan Ternak di Gunungkidul Disuruh Putar Balik

Kismaya Wibowo, iNews · Senin 13 Juni 2022 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 510 2610547 miliki-suhu-tinggi-puluhan-hewan-ternak-di-gunungkidul-disuruh-putar-balik-prUN05UePj.jpg Ilustrasi/ Foto: Okezone

YOGYAKARTA - Puluhan hewan ternak disuruh putar balik oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul usai memiliki suhu tubuh diatas 39,5 derajat celcius.

Selain diputarbalikan, sapi yang memiliki suhu tubuh tinggi juga diberikan 4 suntikan agar sapi tidak mudah tertular penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul juga menggelar razia ternak di Pasar Hewan Munggi Gunungkidul Yogyakarta," kata Kabid Kesehatan Hewan Retno Widyastuti, Senin (13/6/2022).

Sapi dan kambing yang hendak masuk ke pasar hewan pertama-tama disemprot desinfektan di sejumlah titik tubuh. Usai disterilisasi, petugas langsung memeriksa suhu tubuh.

Jika ditemukan adanya sapi dengan suhu di atas 39,5 derajat celcius maka dinas langsung memutarbalikan hewan tersebut.

Dinas kesehatn hewan juga memberikan 4 suntikan kepada binatang ternak yang bersangkutan. Suntikan tersebut di antaranya roboransia atau suntikan vitamin, suntikan analgesik atau suntikan penghilang nyeri, antihistamin atau anti alergi, dan suntikan antibiotik.

Kegiatan ini terpaksa dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan karena angka penyebaran penyakit mulut dan kuku yang sudah menembus ratusan kasus.

Pengetatan kebijakan ini dirasakan langsung oleh para pedagang sapi, mereka mengaku semenjak mewabahnya PMK harga sapi jadi anjlok dan mengalami penurunan omzet hingga 20 persen jika dibandingkan dengan harga normal.

Meski begitu, pedagang mengaku pasrah dan tidak dapat berbuat banyak karena mereka memilih untuk memutarbalikan hewan daripada pasar hewan yang ditutup.

Sejauh ini sudah ada lebih dari 30 hewan yang diputarbalikan dengan rincian 16 hewan diputarbalikan di Pasar Hewan Siyono Harjo dan lebih dari 15 ekor yang diputarbalikan di Pasar Hewan Munggi.

Dinas berharap dengan adanya pengetatan ini mampu menekan angka penyebaran PMK di Gununkidul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini