Share

Kisah Mumi Putri Duyung Berusia 300 Tahun, Dipuja Selama Berabad-abad karena Berkhasiat Sebagai Obat

Susi Susanti, Okezone · Senin 27 Juni 2022 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 18 2619231 kisah-mumi-putri-duyung-berusia-300-tahun-dipuja-selama-berabad-abad-karena-berkhasiat-sebagai-obat-SzmbVJKBKI.jpg Peneliti Jepang selidiki mumi Putri Duyung (Foto: The Asahi Shimbun)

JEPANG - Para peneliti di Jepang sedang menyelidiki asal usul mumi "putri duyung" berusia 300 tahun yang mengerikan, yang telah dipuja selama berabad-abad karena khasiat obatnya. Sisa-sisa mumi putri duyung ini kemungkinan besar adalah campuran mengerikan dari tubuh monyet yang dijahit ke ekor ikan, berpotensi dihiasi dengan rambut dan kuku dari manusia.

Hiroshi Kinoshita, anggota dewan Masyarakat Cerita Rakyat Okayama, menemukan mumi putri duyung, yang panjangnya sekitar 30,5 sentimeter, di dalam sebuah kotak di sebuah kuil di Prefektur Okayama. Dia pertama kali menyadari mumi setelah dia menemukan gambar spesimen aneh di ensiklopedia makhluk mitos.

Menurut catatan yang tertinggal di dalam kotak mumi, seorang nelayan diduga menangkap spesimen itu antara tahun 1736 dan 1741, dan dia kemudian menjualnya kepada keluarga kaya.

Menurut situs berita Jepang The Asahi Shimbun, para peneliti masih belum tahu persis bagaimana putri duyung itu berakhir di dalam kuil.

Baca juga:  Mengungkap Misteri Putri Duyung di Jepang

Sekarang, Takafumi Kato, seorang ahli paleontologi di Universitas Sains dan Seni Kurashiki, dan rekan-rekannya telah mulai menyelidiki asal-usul mumi tersebut setelah Kinoshita meyakinkan kuil tersebut untuk membiarkan para ilmuwan menyelidiki sisa-sisa yang tidak biasa itu.

Baca juga: Ilmuwan Akan Ungkap Misteri Putri Duyung yang Ditemukan di Jepang

Pada 2 Februari lalu, para ilmuwan mencitrakan mumi menggunakan CT scan. Peneliti juga akan mengambil sampel DNA untuk mengidentifikasi spesies mana yang telah digabungkan untuk membuat putri duyung. Nantinya tim akan merilis hasil mereka akhir tahun ini.

Mumi putri duyung agak menyerupai dua makhluk mitos dari cerita rakyat Jepang. Yakni Amabies — putri duyung dengan paruh bukan mulut dan tiga sirip ekor yang berbeda — dan Ningyos, yang merupakan makhluk mirip ikan dengan kepala manusia. Kedua jenis makhluk ini telah dikaitkan dengan kisah penyembuhan kesehatan yang ajaib dan peningkatan umur panjang.

Menurut situs berita Inggris Metro, dalam satu kisah terkenal, Yao Bikuni, seorang wanita, dikatakan telah hidup selama 800 tahun setelah secara tidak sengaja memakan seluruh Ningyo.

Para pendeta kuil memandang mumi sebagai pertanda kesehatan yang baik.

“Kami telah memujanya, berharap itu akan membantu meringankan pandemi virus corona meskipun hanya sedikit,” terang Kozen Kuida, kepala imam di kuil itu, kepada The Asahi Shimbun.

Mumi itu sebelumnya dipajang dalam kotak kaca di kuil untuk didoakan oleh pengunjung, tetapi mumi itu telah menghabiskan 40 tahun terakhir di brankas tahan api di dalam kuil untuk mencegahnya memburuk. The Asahi Shimbun melaporkan mumi putri duyung serupa telah disembah di dua kuil lain di Jepang.

Live Science sebelumnya melaporkan putri duyung palsu ini kemungkinan dibuat oleh penduduk setempat untuk dijual kepada turis Barat yang penasaran.

Tipuan serupa, yang dikenal sebagai Feejee Mermaid, dijual kepada pelancong Belanda di Jepang pada tahun 1810-an dan kemudian dijual kembali ke pedagang Inggris, sebelum dikirim ke Amerika Serikat (AS), di mana ia menjadi bagian dari koleksi terkenal P.T. Barnum (inspirasi kehidupan nyata untuk film "The Greatest Showman"). Putri duyung sepanjang 3 kaki (91 cm) ini diyakini terbuat dari tubuh orangutan dan ekor ikan salmon.

Para pendeta di kuil di Prefektur Okayama mengatakan mereka berharap penelitian baru ini akan menambah warisan mumi putri duyung dan membantunya hidup melalui cerita rakyat di masa depan.

"Saya berharap proyek penelitian ini dapat meninggalkan catatan ilmiah untuk generasi mendatang," ungkap Kuida.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini