Share

Bangun Kesadaran Politik Generasi Z, Pema USU Gelar Democratic Political Fest 2022

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Senin 27 Juni 2022 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 608 2618975 bangun-kesadaran-politik-generasi-z-pema-usu-gelar-democratic-political-fest-2022-AwbZs8SUq3.jpg Pema USU gelar Democratic Political Fest 2022 (Foto: MNC Portal)

MEDAN - Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Universitas Sumatera Utara menggelar Democratic Political Fest 2022. Gelaran yang merangkaikan sejumlah seminar, dialog interaktif, orasi politik dan kegiatan kreatif mahasiswa itu digelar Senin hingga Kamis, 27-30 Juni 2022.

Presiden Mahasiswa USU, M Rizki Fadhilah mengatakan bahwa gelaran ini dibuat untuk menjadi sarana bagi mahasiswa, generasi muda (milenial, generasi Y, generasi Z) untuk mampu mengaktulisasi diri dalam bidang politik.

Dengan mengenal dunia politik, sehingga nantinya setelah menyelesaikan pendidikan di kampus, mampu menentukan pilihan dan langkah politiknya masing-masing.

Rizki menyebutkan, sebagai generasi muda, para mahasiswa memiliki tanggung jawab secara politik untuk mendorong perubahan yang lebih baik untuk Indonesia. Sehingga harusnya sejak dini melek politik dan bukan justru apatis.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Rica Asrosa, Dosen Muda Tetap USU yang Raih 2 Beasiswa LPDP

"Kita ini agent of change (agen perubahan). Sehingga sudah seharusnya kita melek politik. Apalagi generasi muda akan menjadi penentu di masa mendatang," kata Rizki dalam sambutannya, Senin (27/6/2022).

Baca juga: Rektor USU: Sebutan Jokowi untuk IKN 10 Minutes City Bentuk Komitmen Pemerataan Indonesia

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Kegiatan Democratic Political Fest 2022 ini dibuka secara resmi oleh Rektor USU, Muryanto Amin, yang diwakili oleh Sekretaris Direktur Kemahasiswaan USU, Rahma Yuliani di Gelangang Mahasiswa USU.

Dalam sambutannya, Rahma berharap melalui gelaran Democratic Political Fest dapat menjadi wadah untuk menciptakan kesadaran partisipasi pemuda khususnya mahasiswa dalam menghadapi tantangan demokrasi. Sekaligus sebagai salah satu titik picu bagi seluruh anak muda Indonesia menuju demokrasi Indonesia bermartabat.

"Pentingnya menumbuhkembangkan kesadaran mahasiswa dalam memahami perkembangan politik dan demokrasi di Indonesia, serta partisipasi politik yang responsif juga di rasa perlu sehingga dapat memberikan solusi nyata terhadap pembangunan bangsa Indonesia melalui sumbangsih, gagasan dan pemikiran dalam menyikapi isu-isu politik saat ini dan di masa mendatang," pungkasnya.

Baca juga: USU Berhasil Masuk Peringkat Perguruan Tinggi di Dunia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini