Share

Sambut Perempuan Pertama Jadi Kepala Pasukan Penjaga Pantai, Biden: Semoga Bukan Satu-satunya

Nanda Aria, Okezone · Kamis 30 Juni 2022 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 18 2620717 sambut-perempuan-pertama-jadi-kepala-pasukan-penjaga-pantai-biden-semoga-bukan-satu-satunya-7VBdHMRXE4.JPG Laksamana Linda Fagan/ Foto: Reuters

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyambut Laksamana Linda Fagan sebagai panglima baru Pasukan Penjaga Pantai atau Coast Guard. Linda menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai kepala di Angkatan Bersenjata Amerika.

Dalam pidatonya di hadapan sekitar 2.000 hadirin di markas Pasukan Penjaga Pantai pekan lalu, Biden mengisyaratkan telah lama menantikan kepemimpinan perempuan dalam angkatan bersenjatanya.

 BACA JUGA:Jokowi Sampaikan Undangan KTT G20 Secara Langsung ke Presiden Ukraina

“Ketika Menteri Pertahanan mengirim nama Linda Fagan, saya mengatakan 'mengapa lama sekali baru ada perempuan yang diajukan?' Selamat! Karir Laksamana Fagan yang gemilang menunjukkan kepada anak-anak muda yang memasuki bidang ini bahwa tidak ada pintu yang tertutup bagi perempuan," katanya dilansir dari VOA, Kamis (30/6/2022).

Lebih lanjut Biden mengatakan bahwa yang harus dilakukan ke depan adalah memastikan bahwa Fagan bukan satu-satunya perempuan yang dapat menduduki posisi puncak ini.

“Kita perlu melihat lebih banyak lagi perempuan di tingkat komando tertinggi di Pasukan Penjaga Pantai dan di setiap layanan," ujarnya.

 BACA JUGA:Usaha Ecoprint Desa Kian Maju, Istri Nelayan Dapat Bantu Suami Tingkatkan Pendapatan

Menurutnya, Laksamana Fagan adalah bagian dari generasi perintis perempuan dalam angkatannya, dan karenanya momen ini akan dicatat di dalam sejarah Amerika.

Fagan mendapat promosi lewat karir kepemimpinan dan prestasi yang sangat luar biasa. Pekerjaan rumah ke depan, lanjut Biden, adalah membuka kesempatan yang sama bagi perempuan lain di negara tersebut.

"Kita perlu lebih banyak perempuan di tingkat komando tertinggi di Pasukan Penjaga Pantai dan di setiap dinas di Angkatan Bersenjata Amerika. Kita harus memastikan bahwa perempuan berkesempatan untuk berhasil dan berkembang dalam karir profesional mereka," ucapnya.

Laksamana Linda Fagan mengatakan ia bertekad untuk bergabung dengan Angkatan Bersenjata Amerika ketika baru berusia 16 tahun. Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada kedua orang tua yang mendukungnya, terkhusus pada Laksamana Owen Siler.

 BACA JUGA:5 Pesepakbola Superkaya yang Jatuh Miskin, Nomor 1 dan 2 Pernah Merumput di Indonesia

“Secara spesifik saya ingin menyebut satu nama. Ia sudah tidak bersama kita lagi. Ia sudah tiada. Saya hanya bertemu orang ini sekali saja, tetapi keberaniannya memberi dampak sangat besar pada saya sebagai pribadi. Ia adalah komandan ke-15 kami, Laksamana Owen Siler," ujar Linda.

Owen Siler adalah seorang penerbangyang ditemuinya di peresmian gedung di Savannah. Owen Siler adalah orang yang mengintegrasikan Akademi Penjaga Pantai pada musim panas 1975. Setahun kemudian, pada tahun 1976, beberapa perempuan masuk akadem ini. Mereka lulus pada tahun 1980.

"Saya tiba setahun kemudian di Akademi Penjaga Pantai. Jika bukan karena keberanian Owen Siler, saya tidak percaya bisa berdiri di sini hari ini. Jadi saya ingin berterima kasih kepadanya,” katanya dengan kerendahhatian.

 BACA JUGA:Jadi Juru Damai Rusia-Ukraina di KTT G7, Jokowi Serukan Kerja Sama Atasi Krisis Pangan

Biden mengatakan pemerintahnya akan lebih sering menggunakan Pasukan Penjaga Pantai untuk mengatasi ancaman perubahan iklim. Termasuk, sebagai elemen penting dalam strategi Indo-Pasifik dan untuk mengatasi isu penangkapan ikan secara berlebihan oleh China.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini