Share

Gagahnya Sapi Kurban Jokowi di Jambi, Jenis Brahman Seberat 800 Kg

Azhari Sultan, Okezone · Kamis 07 Juli 2022 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 340 2625391 gagahnya-sapi-kurban-jokowi-di-jambi-jenis-brahman-seberat-8-ton-xb8fdywDrb.JPG Sapi Jokowi di Jambi (Foto: MPI/Azhari)

JAMBI - Satiman (63), peternak hewan kurban Moro Seneng di Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi ini tidak menduga bila Hari Raya Idul Adha 1443 H tahun ini, salah satu sapi peliharaannya dibeli oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Alhamdulillah tahun ini oleh sekretaris negara kepresidenan, sapi yang dirawatnya jenis keturunan Brahman Cross dibeli Pak Presiden Jokowi untuk berkurban di Jambi," ungkapnya, Kamis (7/7/2022).

Diakuinya, dirinya sempat tidak tahu dan kaget, sapi yang dipeliharanya menjadi pilihan Presiden Jokowi untuk kurban. "Ini (sapi) sudah dipeliharanya sudah selama 4 tahun. Beratnya sekitar 830 kg," tukas Satiman.

Dengan pengalaman sekitar 30 tahun melakoni ternak hewan kurban, dia tidak terlalu sulit untuk memeliharanya. "Makan seperti biasa, rumput dan dikasih jamu, seperti kunyit, tetesan tebu dan rajin dimandikan biar bersih," ujarnya.

Dia juga menceritakan sapi peliharaannya terpilih untuk menjadi hewan kurban di Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Menurutnya, dari banyak peternak dan pedagang hewan kurban yang ada di Jambi, pihak istana mencari dan menimbang berat sapi yang dipilihnya.

"Alhamdulillah, sapi peliharaannya terpilih dan dibeli Pak Presiden. Harganya Rp110 juta," tegas Satiman.

Dari informasi yang didapatnya, rencananya sapi yang sudah dibeli oleh Presiden Jokowi tersebut, akan diberikan di salah satu masjid di kawasan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi, Jambi.

Meski tahun ini, sapi peliharaannya dibeli presiden untuk berkurban, namun dirinya mengajak semua peternak atau pedagang hewan kurban untuk memelihara hewan ternaknya dengan baik.

"Kedepannya saya mengajak pemilik atau pedagang hewan kurban di Jambi untuk memeliharanya dengan baik sehingga bisa terpilih menjadi sapi pilihan presiden," harapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini