Share

Buron ke Lampung, Pimpinan Ponpes Terlibat Pencabulan Ditangkap

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 07 Juli 2022 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 519 2625556 buron-ke-lampung-pimpinan-ponpes-terlibat-pencabulan-ditangkap-KpvVyHHgF6.jpg Kiai pemimpin ponpes yang melecehkan santrinya dan selama ini buron berhasil ditangkap/ Foto: Avirista Midaada

BANYUWANGI - FZ, pimpinan pondok pesantren (Ponpes) di Banyuwangi yang terlibat pencabulan akhirnya berhasil dibekuk. Polisi berhasil mengamankan FZ setelah kabur ke luar Pulau Jawa.

 BACA JUGA:Buntut Kasus Anak Kiai Cabul, Kemenag Resmi Cabut Izin Pesantren Shiddiqiyyah

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Dedy Foury Millewa mengatakan, FZ bersembunyi di sebuah rumah milik temannya yang berada di wilayah Lampung Utara. Selanjutnya ia diterbangkan dari Jakarta ke Banyuwangi tadi pagi, Kamis (7/7/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

"Selanjutnya Fz diperiksa dan ia mengakui segala perbuatannya. Fz saat ini resmi ditetapkan sebagai tersangka," kata Kombes Pol Dedy Foury, saat konferensi pers di Mapolresta Banyuwangi, Kamis.

Dari hasil pemeriksaan kepolisian, terdapat enam korban santri terjadi dari lima perempuan dan satu santri laki-laki, yang masih di bawah umur.

"Dengan rincian kasus, 1 korban disetubuhi atau diperkosa dan 5 korban dicabuli. Perbuatan itu ada yang dilakukan di tahun 2021 dan yang terbaru dilakukan di bulan Mei 2022," paparnya.

 BACA JUGA:Dugaan Penyelewengan ACT, Perindo: Orang dalam Lembaga Kemanusiaan Harus Sudah Selesai dengan Dirinya

Kasus ini sendiri masih coba dikembangkan oleh pihak kepolisian. Polisi berupaya mengungkap apakah ada korban tambahan dalam kasus persetubuhan dan pencabulan tersebut.

Sebelumnya dugaan pencabulan terbongkar di salah satu pondok pesantren di Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi. Kepolisian melalui Kasatreskrim Polresta Banyuwangi, Kompol Agus Sobarnapraja membenarkan dugaan pemerkosaan dan pencabulan yang terjadi di Ponpes tersebut.

Bahkan ia menyatakan, korban telah melapor sejak seminggu lalu dan tengah dalam pendampingan tim psikolog imbas trauma yang dialaminya. Polisi sendiri elah memeriksa sejumlah saksi dan telah mengumpulkan bukti-bukti. Kasus ini sudah masuk tahap penyidikan.

Polisi telah melayangkan surat pemanggilan pada pimpinan ponpes berinsial Fz terlapor kasus pemerkosaan dan pencabulan yang dilakukan kepada 6 santri.

 BACA JUGA:Bukan Bechi Anak Kiai Cabul, Orang yang Ditangkap Polisi Ternyata Seorang Sopir

Pemanggilan pertama dijadwalkan pada Selasa 28 Juni 2022 dan pemanggilan kedua dijadwalkan pada Jumat 1 Juli 2022. Pada dua kali pemanggilan itu pria yang juga mantan anggota DPRD Banyuwangi itu.

Sebagi upaya untuk mengungkap kasus itu, polisi selanjutnya mengambil tindakan tegas dengan menerbitkan surat penjemputan paksa. Dengan harapan Fz dapat dikorek informasinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini