Share

Garut Gempar! 3 Ikan Raksasa Muncul Setelah Banjir Besar, Jadi Santapan Warga Sekampung

II Solihin, iNews · Selasa 19 Juli 2022 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 525 2632375 garut-gempar-3-ikan-raksasa-muncul-setelah-banjir-besar-jadi-santapan-warga-sekampung-ChUD1dTcJp.jpg Tangkapan layar media sosial

GARUT – Banjir besar yang terjadi di Garut beberapa waktu lalu, menimbulkan tiga ekor ikan arapaima gigas berukuran raksasa di, Sungai Cipeujeuh, Dayeuh Handap, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

(Baca juga: Ternyata Ada Lima Ekor Ikan Raksasa Seukuran Bus di Danau Ranu Pakis, Ini Wujudnya)

Warga pun menangkap ikan raksasa tersebut dan habis disantap para korban banjir di kampung setempat. Video amatir berisi rekaman saat warga menemukan ikan raksasa Arapaima gigas di sebuah selokan itu viral di media sosial.

Dalam video viral tersebut terlihat, warga berbondong-bondong melihat ikan Arapaima yang dianggap aneh tersebut.Setelah itu, berdasarkan kesepakatan bersama, warga membagikan tiga ekor ikan ke para korban banjir.

Satu ekor ikan terlihat disiangi oleh warga lalu belah dan dipotong-potong. Setelah dicuci bersih, daging ikan Arapaima gigas dimasak di dapur umum untuk disantap bersama warga satu kampung.

"Ini lah keadaan dapur umum RW 14 Kelurahan Paminggir, alhamdulillah. Mantap," kata seorang warga yang merekam video, dikutip Selasa (19/7/2022).

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan, Ikan arapaima berukuran besar tersebut bukan endemik Sungai Cimanuk melainkan dari luar yang masuk ke selokan dan ditangkap warga.

"Kemungkinan itu ikan arapaima peliharaan warga yang karena terkena banjir masuk ke sungai. Itu ikan biasa. Oleh warga ikan tersebut dipotong," kata Wakil Bupati Garut.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Helmi Budiman menyatakan, ikan endemik berukuran besar di Sungai Cimanuk disebut kancrah. Dulu warga sering menemukan ikan kancrah berukuran besar dengan berat 30-50 kilogram (kg).

"Itu (kancrah) ikan yang biasa ditemukan di Sungai Cimanuk. Nah ini (ikan Arapaima gigas) yang ditemukan warga itu ikan dari luar,"tutupnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini