Share

Puluhan Warga Peringati Malam 1 Suro di Puncak Merbabu

Angga Rosa (Koran Sindo), Koran SI · Jum'at 29 Juli 2022 18:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 512 2638743 puluhan-warga-peringati-malam-1-suro-di-puncak-merbabu-gRUsspfBfU.jpg Ilustrasi/ Foto: Okezone

SEMARANG - Puluhan warga dari berbagai daerah akan memperingati pergantian malam 1 Muharam 1443 di Gunung Merbabu. Pada Jumat (29/7/2022) mereka sudah tiba di pos pendakian Dusun Tekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang dan jalur pendakian Gunung Merbabu lainnya.

Rencananya, mereka akan melakukan pendakian pada petang hari. Peningkatan aktivitas pendakian pada malam 1 Suro ini sudah diantisipasi oleh tim SAR, kelompok pencinta alam di Dusun Tekelan, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan petugas Seksi I Kopeng Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) dengan menempatkan personil di setiap pos pendakian.

 BACA JUGA:Mahfud MD: Pemilu dan DOB Papua Butuh Koordinasi yang Mantap!

Anggota Tim SAR Getasan Agus Surolawe menyatakan, semua jalur pendakian Gunung Merbabu pada malam 1 Suro ini, dibuka untuk umum. Karena cuaca dalam kondisi baik dan tidak ada tempat di kawasan Gunung Merbabu yang membahayakan.

"Meski demikian, aktivitas pendakian tetap harus dipantau. Kami sudah menyiapkan langkah antisipasi untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," katanya, Jumat (29/7/2022).

Dia menjelaskan, jalur pendakian Gunung Merbabu ada lima, yakni Tekelan dan Cuntel (Kabupaten Semarang), Candisari dan Selo (Boyolali) serta Wekas (Kabupaten Magelang).

 BACA JUGA:Soal Ancaman Pembunuhan Terhadap Brigadir J, Ayahnya: Dia Tidak Pernah Menceritakan

"Seluruh jalur pendakian tersebut dijaga petugas dan para pendaki wajib melapor kepada petugas serta mentaati aturan pendakian yang ditetapkan," ujarnya.

Menurut dia, guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, seperti adanya pendaki yang hilang dan kerusakan ekosistem Gunung Merbabu, pihaknya akan memberikan pengarahan kepada para pendaki.

"Kami juga akan melakukan pemeriksaan barang bawaan mereka sebelum naik dan saat turun," ucapnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dia menjelaskan, barang yang dilarang dibawa pendaki seperti minuman keras, obat terlarang, narkoba, dan senjata tajam. Jika ada pendaki yang kedapatan membawa barang larangan tersebut akan diamankan oleh petugas.

 BACA JUGA:IDI Minta Vaksin Booster Kedua Dibuka untuk Umum

"Selama pendakian, para pendaki dilarang merusak ekosistem hutan serta membuang sampah sembarangan," tukasnya.

Dia menyatakan, semua petugas sudah siap melakukan penjagaan pos pendakian serta membantu para pendaki yang membutuhkan bantuan.

"Kami imbau kepada para pendaki untuk membawa alat komunikasi yang bisa dihubungi saat mendaki. Jika ditengah perjalanan menemui hambatan atau musibah segera melapor ke petugas," ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini