Share

Konflik di Ukraina Berlanjut, Makin Banyak Orang Rusia Beralih ke Astrologi

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 02 Agustus 2022 01:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 18 2639943 konflik-di-ukraina-berlanjut-makin-banyak-orang-rusia-beralih-ke-astrologi-WH73Lw5oie.JPG Konflik di Ukraina juga memunculkan ketidakpastian di Rusia. (Foto: Reuters)

MOSKOW – Di saat Rusia melanjutkan aksi militernya di Ukraina yang didukung Barat, semakin banyak warganya yang beralih ke astrologi untuk meramalkan nasib mereka dan orang-orang terdekat mereka.

Di kota kedua Rusia, Saint Petersburg, Elena Korolyova menerima klien di apartemennya, di mana dua kucing berkeliaran di antara tumpukan buku.

BACA JUGA: Sedang Perang dengan Ukraina, Putin Sebut AS Ancaman Utama bagi Rusia

"Orang-orang ingin tahu apa yang akan terjadi dengan Rusia, terputus dari dunia lain," kata pria berusia 63 tahun itu kepada AFP.

Astrolog, paranormal, dan medium selama bertahun-tahun telah populer di Rusia, dan khususnya tahun-tahun yang penuh gejolak telah melihat permintaan untuk layanan mereka meningkat.

Ketika Rusia menghadapi sejumlah sanksi dari Barat atas tindakan militernya ke Ukraina, semakin banyak orang Rusia yang beralih ke astrologi saat mereka mengintip ke masa depan.

Korolyova, seorang filolog berambut abu-abu dengan pelatihan yang menjadi terkenal di St. Petersburg, berusaha meyakinkan kliennya.

Dia memprediksi bahwa Moskow tidak hanya akan selamat dari badai ekonomi, tetapi juga muncul sebagai pemenang.

"Bencana global akan meningkat pada September, tetapi Rusia akan keluar dari sana dengan stabil dan makmur," katanya.

Korolyova mengenakan biaya 5.000 rubel (sekira Rp1,2 juta) per konsultasi dan mengatakan - tanpa ingin mengungkapkan angka apa pun - bahwa sejak Presiden Vladimir Putin mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, permintaan dari klien telah meningkat.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pada minggu pertama konflik, jumlah pencarian untuk "peramal" lebih dari dua kali lipat di mesin pencari utama Rusia Yandex - dari 42.900 pada 19 Februari menjadi 95.000 pada 5 Maret, menurut statistik kata kunci perusahaan.

Di Moskow, astrolog terkemuka lainnya, Konstantin Daragan, yang membuat dirinya terkenal dengan mengklaim telah meramalkan pandemi virus corona, juga mengatakan Rusia akan menang di Ukraina dan dalam bentrokannya dengan Barat.

"Rusia akan menjadi pusat dunia setelah konflik," katanya di media sosial baru-baru ini.

Berasal dari wilayah timur Ukraina Donbass yang ingin ditaklukkan oleh tentara Rusia, insinyur penerbangan yang beralih menjadi astrolog mengklaim telah memberi nasihat kepada para menteri, bankir, dan bahkan anggota dinas rahasia Ukraina di masa lalu.

Daragan yang pergi ke Moskow setelah otoritas pro-Barat berkuasa di Kiev pada 2014, mendukung intervensi militer Rusia, bahkan jika kota kelahirannya di Lysychansk telah dirusak oleh pertempuran.

Baginya juga, bisnis sedang booming.

"Sekolah Astrologi Klasik" -nya menggandakan jumlah siswanya sejak Putin meluncurkan intervensi Ukraina. Dia sekarang memiliki sekira 200 siswa di Moskow.

Sosiolog Alexei Levinson dari pusat penelitian independen Levada mengatakan bahwa upaya untuk membaca bintang adalah cara untuk memahami realitas bagi banyak orang Rusia yang "bingung".

"Menghadapi alam semesta yang telah runtuh, beberapa lebih memilih untuk mengambil bintang sebagai panduan daripada pemimpin mereka," katanya.

"Astrologi hari ini adalah semacam psikoterapi atau agama baru."

Anna Markus, salah satu siswa Daragan berusia 50-an, mengatakan bahwa dia melihat ke bintang-bintang untuk "logika dalam peristiwa di Bumi".

"Rusia ditetapkan sebagai satu-satunya penyebab konflik, tetapi jelas bahwa negara ketiga adalah penyebab sebenarnya," katanya kepada AFP.

Dia memiliki grafik bintang yang dia klaim membuktikan Amerika Serikat bersalah.

Di atas perbatasan di Ukraina yang babak belur, bintang-bintang, dapat diduga, menunjukkan sebaliknya.

Astrolog Vlad Ross, yang populer di media Ukraina, mengatakan bahwa Putin "sakit parah" dan "tidak akan bertahan hidup melewati Maret 2023".

"Saturnus adalah tanda Rusia melawan Uranus, tanda Ukraina. Kemenangan kami sudah dekat," meyakinkan astrolog bintang Ukraina lainnya, Angela Pearl, dalam sebuah video yang dilihat lebih dari satu juta kali sejak pertengahan Mei.

Orang-orang Ukraina yang putus asa beralih ke astrolog sebagai tanda bahwa orang yang mereka cintai di garis depan akan selamat atau jika mereka harus melarikan diri dari pasukan Rusia yang maju.

Warga Ukraina ingin tahu "apakah perang nuklir akan terjadi, apakah mereka harus meninggalkan negara mereka, apakah orang yang mereka cintai berada dalam bahaya", kata peramal Olena Umanets kepada AFP.

"Rusia akan meledak pada Maret 2023," prediksi mantan musisi berusia 38 tahun itu, yang melarikan diri dari Ukraina ke Swiss.

Konsultasi online bertarif USD100-nya meyakinkan satu klien, seorang produser televisi berusia 46 tahun di Kiev bernama Kristina, khawatir tentang suaminya yang berjuang di garis depan.

"Suami saya baru saja menelepon saya. Dia bersyukur kepada Tuhan karena telah selamat malam itu," tulisnya kepada peramalnya pada Juni.

"Terima kasih telah mendorong saya untuk berdoa untuknya, itu melegakan saya untuk berbagi tanggung jawab ini dengan bintang-bintang."

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini