Share

Bom PD II Ditemukan di Sungai yang Mengering, 3.000 Orang Dievakuasi

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 08 Agustus 2022 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 18 2643885 bom-pd-ii-ditemukan-di-sungai-yang-mengering-3-000-orang-dievakuasi-lg7kEtganu.jpg Bom dari masa Perang Dunia II yang ditemukan di dasar Sungai Po, Italia, 7 Agustus 2022. (Foto: Reuters)

MANTUA - Gelombang panas yang menyapu Eropa pada musim panas kali ini tak hanya menyebabkan rekor suhu tinggi dan kebakaran hutan, tapi juga temuan yang mengejutkan. Kekeringan menyebabkan permukaan air Sungai Po di Italia turun drastis, sehingga memperlihatkan sebuah bom Perang Dunia II yang sebelumnya terendam.

BACA JUGA: Bom Perang Dunia II Terbesar di Polandia Meledak Saat Dijinakkan

Para pakar militer menjinakkan dan meledakkan bom seberat 450 kg itu pada Minggu (7/8/2022). Bom itu sebelumnya ditemukan pada 25 Juli dekat Desa Borgo Virgilio, di dekat Kota Mantua.

“Bom itu ditemukan oleh nelayan di Sungai Po karena turunnya permukaan air akibat kekeringan,” kata Kolonel Marco Nasi sebagaimana dilansir dari VOA Indonesia.

Bukan perkara mudah untuk meledakkan bom itu.

Sekira 3.000 orang yang tinggal di sekitarnya harus dievakuasi untuk operasi tersebut, kata pihak militer. Wilayah udara ditutup, dan navigasi di sepanjang jalur air serta lalu lintas di jalur kereta api dan jalan raya utama juga ditutup.

BACA JUGA: Bom Seberat 250 Ton Meledak di Munich, 4 Orang Terluka

Italia menyatakan keadaan darurat bulan lalu di wilayah di sekitar Po, yang merupakan sungai terpanjang di negara itu. Sungai yang merupakan sumber air bagi sepertiga produksi pertanian Italia itu, mengalami kekeringan terburuk dalam 70 tahun terakhir.

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini