Share

Petugas Pemadam Amankan Ular dan Tokek yang Ngumpet di Bawah Lemari Warga

Adi Haryanto, Koran Sindo · Rabu 10 Agustus 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 525 2644992 petugas-pemadam-amankan-ular-dan-tokek-yang-ngumpet-di-bawah-lemari-warga-KzNKeW09Jq.jpg Petugas amankan ular dan tokek di rumah warga (foto: dok ist)

CIMAHI - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi berhasil mengevakuasi ular dan tokek yang berada di rumah warga di Jalan Pesantren Komplek PPTM Blok C, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara.

Kepala Seksi (Kasi) Penanggulangan dan Penyelamatan, Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Aep Mulyana menyebutkan, awalnya menerima laporan adanya ular masuk rumah yang membuat pemilik rumah resah.

 BACA JUGA:Gawat! 53 Warga Mukomuko Digigit Hewan Penular Rabies

Petugas yang meluncur ke lokasi, tanpa menemui kesulitan berhasil mengevakuasi ular berbisa tersebut dengan menggunakan APD dan alat khusus grab stick. Namun di rumah itu pun ada tokek yang cukup mengganggu pemilik rumah.

"Awalnya kami mengamankan ular, tapi karena di situ juga ada tokek pemilik rumah meminta agar diamankan juga. Akhirnya kami menangkap keduanya," ucapnya, Selasa (9/8/2022).

 BACA JUGA:Hendak Bersihkan Rumah, Warga Jakut Kaget Ada Ular Melilit Meja

Dirinya menduga keberadaan ular tersebut kemungkinan berasal dari kebun atau sawah yang ada di sekitar rumah. Jenisnya adalah ular sawo kopi yang memiliki diameter 1,5 sentimeter dan panjang 50 sentimeter.

"Ular itu masuk ke kolong lemari dan membuat pemilik rumah khawatir digigit. Kalau tokek ditangkap saat sedang bersembunyi di atas lemari," sambungnya.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Menurutnya, keberadaan ular yang kerap muncul dan masuk ke rumah warga salah satunya karena perubahan cuaca. Sebab ular yang tadinya berada di pegunungan terbawa aliran air, dan masuk ke sungai, lalu ke area tempat tinggal warga.

Selain itu bisa juga akibat habitatnya mulai menyempit terdesak oleh permukiman penduduk, sehingga ular merangsek bersembunyi di rumah. Bisa jadi juga kemarin-kemarin saatnya musim kawin ular, jadi sekarang banyak ular yang berkeliaran.

Pihaknya mengimbau warga untuk selalu waspada dengan kemunculan binatang reptil tersebut. Ventilasi rumah, lubang-lubang pembuangan air dan sebagainya sebaiknya pakai ram kawat, agar ular tidak bisa bebas masuk rumah.

"Tetap waapada dan kalau memang kondisinya darurat butuh pertolongan, silakan hubungi anggota kami," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini