Share

Wapres Resmikan OPOP Kalsel Expo, Ponpes Rakha Pamerkan Produk Unggulan

Agustina Wulandari , Okezone · Senin 15 Agustus 2022 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 340 2648361 wapres-resmikan-opop-kalsel-expo-ponpes-rakha-pamerkan-produk-unggulan-aQXuf1pI0w.jpg Wapres Ma'ruf Amin meresmikan OPOP Kalsel Expo. (Foto: Dok. Pemkab HSU)

BANJARBARU - Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti gelaran One Pesantren One Product (OPOP) Kalimantan Selatan Expo 2022.

Berpusat di Lapangan Murjani Banjarbaru, Kamis (11/8/2022), kegiatan OPOP Kalsel 2022 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin.

Mengusung tema "Rakha Handicraft", berbagai produk unggulan dari Ponpes Rakha Amuntai tersebut dipamerkan guna melahirkan produk yang bernilai ekonomi tinggi hingga menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

Dalam sambutannya, Wapres menyampaikan pesantren seyogyanya tidak hanya sebagai pusat pendidikan dan dakwah yang mencetak para kiai dan ulama, melainkan juga menjadi pusat pemberdayaan ekonomi.

Wapres mengatakan, hal ini dapat dilakukan dalam bidang ekonomi seperti, industri, pertambangan, perdagangan maupun pertanian, melalui program One Pesantren One Product (OPOP).

Sudah ada pula pesantren yang kini mampu menjadi pembeli langsung atau offtaker komoditas, seperti hasil pertanian dan perkebunan dari masyarakat.Bahkan, menjalin kemitraan untuk memperluas pemasaran produk atau jasa unggulannya, bahkan sanggup menembus pasar ekspor.

“Saya minta pesantren itu menjadi hamzah washal penghubung dari produk-produk pertanian, perkebunan, kemudian diolah, menjadi produk jadi maupun setengah jadi, kemudian dijual baik untuk di dalam negeri maupun luar negeri,” tutur Wapres.

OPOP Kalsel Expo. (Foto: Pemkab HSU)


Menurutnya, upaya pemberdayaan ekonomi berbasiskan pesantren sekaligus sebagai ikhtiar bangsa Indonesia dalam memenuhi tanggung jawab untuk memakmurkan bumi.

"Seperti kata ulama, bahwa kunci memakmurkan bumi adalah bidang ekonomi, seperti industri, pertambangan, perdagangan, dan pertanian," ucapnya.

Usai membuka gelaran OPOP Kalsel Expo yang memiliki tagline Pesantren Berdaya, Umat Sejahtera, Wapres didampingi Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor meninjau beberapa stand para peserta pameran.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini