Share

Sampaikan Pesan untuk Jokowi, Biden Ucapkan Selamat HUT Ke-77 Indonesia

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 18 2648957 sampaikan-pesan-untuk-jokowi-biden-ucapkan-selamat-hut-ke-77-indonesia-MVIcSJveRX.jpg Presiden Amerika Serikat Joe Biden berbicara dengan Presiden Joko Widodo pada pertemuan bilateral di Glasgow, Skotlandia, 1 November 2021. (Foto: Gedung Putih)

JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Ke-77 RI kepada Bangsa Indonesia, yang akan dirayakan pada 17 Agustus. Dalam pesan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) Biden mengatakan bahwa kedua negara dibangun dengan moto yang serupa, tentang persatuan dalam keberagaman.

BACA JUGA: Momen Jokowi Dirangkul Biden, Tertawa Bersama di KTT G7

“Sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia merayakan tonggak peringatan ini di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi bersama kita yaitu ‘Bhinneka Tunggal Ika’ dan ‘E Pluribus Unum’. Moto ini menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antara masyarakat kita yang beragam,” kata BIden dalam pesan yang disampaikan Kedutaan Besar AS di Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Moto “E Pluribus Unum”, yang digunakan AS sebagai semboyan nasionalnya, memiliki arti “dari banyak menjadi satu”. Ini senada dengan arti moto Republik Indonesia “Bhineka Tunggal Ika”, yang artinya “berbeda-beda tetapi tetap satu”.

“Pada Hari Kemerdekaan Indonesia ini, saya menantikan kerja sama yang akan dilakukan kedua negara kita untuk memajukan komitmen bersama terkait demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan tangguh.”

Biden mengatakan bahwa sebagai sahabat dan mitra strategis, Amerika Serikat turut merayakan hari Kemerdekaan RI bersama bangsa Indonesia.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini