Share

Pilot Boeing 737 Tertidur, Pesawat Terus Terbang dan Gagal Mendarat

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 19 Agustus 2022 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 18 2650564 pilot-boeing-737-tertidur-pesawat-terus-terbang-dan-gagal-mendarat-5W4kHogebg.jpg Pilot pesawat tertidur yang menyebabkan pesawat gagal mendarat (Foto: FlightRadar24)

ETHIOPIA - Kedua pilot pesawat penumpang Ethiopian Airlines tertidur saat mendekati bandara di Ethiopia. Hal ini menyebabkan mereka terbang di atas landasan sebelum alarm dari autopilot membangunkan mereka.

Menurut laporan The Aviation Herald, insiden itu terjadi awal pekan ini ketika Penerbangan Ethiopian Airlines 343, sebuah Boeing 737-800, terbang dari Khartoum, ibu kota Sudan, ke Addis Ababa, ibu kota Ethiopia,

Boeing 737 itu terbang di ketinggian 37.000 kaki (11.277 meter) ketika pilot tertidur di kokpit, menyebabkan pesawat mendekati Bandara Internasional Addis Ababa Boke tanpa turun dan mendarat.

Baca juga: Waduh! Ketiduran di Kokpit saat Terbangkan Pesawat, Pilot Ini Langsung Dipecat 

“[Kontrol lalu lintas udara] mencoba menghubungi kru berkali-kali tanpa hasil,” lapor The Aviation Herald. Setelah terbang di atas landasan pada ketinggian 37.000 kaki, autopilot terputus, memicu alarm yang menyebabkan pilot bangun.

Baca juga: Pilot Ungkap Penyebab Sulitnya Mendaratkan Pesawat saat Malam Hari

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Untungnya, pesawat masih bisa kembali ke bandara dan mendarat dengan selamat sekitar 25 menit kemudian.

Sebelumnya, seorang Kapten pilot maskapai penerbangan negara bagian Italia telah dipecat setelah diduga tertidur di ruang kendali, meninggalkan kemudi pesawat dan tidak berkomunikasi selama 10 menit.

Melansir Italia Republica, kapten pilot dan co-pilot penerbangan penumpang ITA Airlines AZ609 dari New York ke Roma pada 30 April itu tertidur di depan kendali Airbus 330.

Co-pilot dilaporkan tidur siang dengan "controlled rest" sesuai prosedur yang diperbolehkan, tetapi kapten pilot seharusnya terjaga dan dapat dijangkau untuk komunikasi.

Tak adanya komunikasi yang berlangsung selama lebih dari 10 menit saat pesawat dalam mode autopilot, memicu peringatan dari otoritas udara Prancis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini