Share

Jalinsum di Toba Terputus Akibat Longsor, Macet Mengular Puluhan Kilometer

Robert Fernando H Siregar, Okezone · Minggu 28 Agustus 2022 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 28 608 2656149 jalinsum-di-toba-terputus-akibat-longsor-macet-mengular-puluhan-kilometer-Je2s30w8ev.jpg Longsor tutup jalinsum di Toba. (Foto: Robert)

TOBA - Bencana tanah longsor terjadi di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, pada Minggu (28/8/2022) dini hari, pukul 2.00 WIB. Tidak ada korban dalam bencana itu, namun 1 unit rumah penduduk rusak hingga Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Medan - Tarutung tertimbun material.

Kasi Humas Polres Toba, Iptu Bungaran Samosir menerangkan, longsor mengakibatkan Jalinsum Medan-Tarutung putus total. Badan jalan tertimbun tanah dan material hingga jalan tidak dapat dilintasi, tepatnya di Desa Jangga Dolok, Lumban Julu Toba.

"Longsor yang membawa material lumpur, batu dan kayu, hingga badan Jalinsum tertutup yang mengakibatkan kemacetan puluhan kilometer," ucap Bungaran kepada MPI, Minggu (28/8/2022).

Bungaran mengatakan, pihaknya mendapat informasi bahwa telah terjadi longsor di Desa Jangga Dolok, dengan cepat Polsek Lumban Julu turun ke TKP dan melakukan upaya evakuasi dan melakukan koordinasi kepada instansi terkait untuk segera melakukan pembukaan jalan menggunakan alat berat.

 Baca juga: Hujan Deras sebabkan Jalan Alternatif Gunung Geulis-Gadog Tertutup Longsor

Informasi dari masyarakat, hujan sudah turun di wilayah itu dari mulai Sabtu 27 Agustus 2022 sore hingga malam hari. Semantara macet terjadi di Jalinsum mulai dari Parapat hingga ke Kecamatan Porsea Toba.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Dua unit alat berat diturunkan ke lokasi, guna pembersihan material longsor. Minggu pada Pukul 8.00 WIB, jalan sudah bisa dilalui dengan sistem buka tutup. Kendaraan sempat berlapis dan sudah berjalan dengan normal kembali," ucap Bungaran.

Tidak ada korban jiwa akibat longsor. Evakuasi dan pembersihan material longsor melibatkan Plt Camat Lumban Julu Herta Simanjuntak, Wakapolres, Kabag Ops, Kapolsek Lumbanjulu AKP Robinson Sembiring, personil Polsek Lumban Julu, anggota Koramil 12 Lumban Julu beserta dibantu penduduk sekitar.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini