Share

Daftar Negara yang Dipimpin Ratu Elizabeth Sebagai Kepala Negaranya

Alfilya Tri Maulina, Okezone · Selasa 13 September 2022 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 18 2666788 daftar-negara-yang-dipimpin-ratu-elizabeth-sebagai-kepala-negaranya-2QRkblwTje.jpg Ratu Elizabeth (Foto: Reuters)

JAKARTA – Ratu Elizabeth II tutup usia saat dirinya baru saja merayakan 70 tahun kepemimpinannya. Ia meninggal di usia 96 tahun. Ia menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis (8/9/2022). Ratu Elizabeth II meninggal usai kesehatannya menurun sejak beberapa hari lalu. Namun hingga saat ini, belum diketahui penyebab pasti sakit atau kondisi yang memicu perburukan kondisi kesehatan sang ratu.

Ratu Elizabeth II merupakan penguasa terlama di Inggris dan membuat dia menjadi terkenal. Ia diketahui naik takhta sejak 6 Februari 1952 dan menjadi saksi perubahan sosial yang sangat besar, menggantikan sang ayah, Raja George VI.

Baca juga:  Ratu Elizabeth II Meninggal, PM Selandia Baru: Tidak Ada Rencana Jadi Republik

Ratu Elizabeth II juga menjabat sebagai ratu monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat atau yang dikenal sebagai alam persemakmuran dan teritori beserta dependensinya.

Baca juga: 5 Fakta Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip Tidur Terpisah, Berlangsung Selama 72 Tahun Pernikahan

Tidak hanya itu, Ratu Elizabeth II juga merupakan ketua dari 54 anggota negara-negara persemakmuran dan juga Gubernur Agung Gereja Inggris.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Dikutip situs resmi Kerajaan Inggris The Royal Family, Ratu Elizabeth II pernah mengepalai beberapa negara sepermakmuran. Terdapat 14 negara antara lain :

1. Australia

2. Antigua dan Barbuda

3. Bahama

4. Belize

5. Kanada

6. Grenada

7. Jamaika

8. Papua Nugini

9. St Christopher dan Nevis

10. St Lucia

11. St Vincent dan Grenadines

12. Selandia Baru

13. Kepulauan Solomon dan Tuvalu

14. Inggris

Itulah 14 negara yang pimpin oleh sang Ratu Elizabeth semasa hidupnya. Kini tahta tersebut telah diambil alih oleh Pangeran Charles.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini