Share

Perlu Diketahui, Ini Batas-Batas Benua di Dunia

Dhea Alvionita, Okezone · Kamis 15 September 2022 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 15 18 2668086 perlu-diketahui-ini-batas-batas-benua-di-dunia-THZl8csnih.jpg Antartika. (Foto: Nature)

JAKARTA - Batas benua adalah pembagian atau batas linear antara benua-benua yang ada di dunia. Terdapat tujuh benua di dunia, diantaranya Benua Asia, Benua Afrika, Benua Amerika Utara, Benua Amerika Selatan, Benua Eropa, Benua Australia, dan Benua Antartika.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), benua adalah bagian bumi berupa tanah atau daratan yang sangat luas sehingga bagian tengah benua itu tidak mendapat pengaruh langsung dari angin laut seperti Eropa, Australia, Amerika, Afrika, dan Asia.

BACA JUGA: 6 Fakta Menarik Antartika, Termasuk Benua Terbesar hingga Mengandung Air Tawar

Berdasarkan situs resmi wikipedia.org, hanya ada tiga batas darat benua di dunia, yaitu Asia dan Eropa, Afrika dan Asia, serta Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Untuk mengetahui batas-batas benua di dunia, Berikut kita simak penjelasannya!

Benua Asia

Dikutip dari laman resmi wikipedia.org, Benua Asia merupakan benua terbesar di bumi dengan luas 44.570.000 km2 yang mencakup 8,7% dari total luas permukaan bumi dan terdiri dari 30% dari luas daratannya. 

Secara astronomis, Benua Asia terletak di antara 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Sebagian besar kawasan Benua Asia didominasi terletak di belahan utama bumi. Sedangkan, di belahan selatan bumi terdapat beberapa pulau termasuk Indonesia.

BACA JUGA: Mengenal Negara-Negara Benua Asia Beserta Ibu Kotanya, Salah Satunya RI

Benua Asia terletak di antara Benua Afrika dan Eropa. Batas antara Benua Asia dan Eropa yaitu Pegunungan Ural yang rendah dan dataran rendah lembah Sungai Ural di bagian selatan.

Terletak di antara Benua Afrika, sebenarnya Benua Asia tidak terpisah. Dimana masih ada dataran sempit yang menjadi penghubung, yakni Gunung Sinai.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Batas-batas Benua Asia:

- Sebelah utara berbatasan dengan: Samudra Arktik

- Sebelah selatan berbatasan dengan: Samudra Hindia

- Sebelah barat berbatasan dengan: Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosphorus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah

- Sebelah timur berbatasan dengan: Selat Bering dan Samudra Pasifik

Benua Afrika

Benua Afrika merupakan benua terbesar kedua setelah Benua Asia. Dengan luas wilayah 30.224.050 km2 yang meliputi 20,3% dari total daratan bumi. 

Benua Afrika dikelilingi oleh Laut Mediterania di utara, Isthmus of Suez dan Laut Merah di timur laut, Samudra Hindia di tenggara dan Samudra Atlantik di sebelah barat. Benua ini mencakup Madagaskar dan berbagai kepulauan.

Secara geografis, Benua Afrika terletak di antara 37°LU - 34°LS dan 17°BB - 51°BT. Benua Afrika dilalui garis khatulistiwa dan wilayah daratnya sebagian besar di belahan bumi utara.

Batas-batas Benua Afrika:

- Sebelah utara berbatasan dengan: Laut Tengah dan Benua Eropa

- Sebelah selatan dan barat berbatasan dengan: Samudra Atlantik

- Sebelah timur berbatasan dengan: Samudra Hindia dan Laut Merah

Benua Amerika Utara

Benua Amerika Utara terletak di belahan bumi utara. Benua ini memiliki luas wilayah sebesar 24.500.000 km² atau sekitar 4,8% dari permukaan bumi.

Benua Amerika Utara adalah benua ketiga yang paling besar berdasarkan luasnya, setelah Asia dan Afrika, dan merupakan peringkat keempat berdasarkan jumlah penduduknya, setelah Asia, Afrika, dan Eropa.

Secara astronomis, Benua Amerika Utara terletak di antara 26° LU - 80° LU dan 68° BB - 162° BB.

Batas-batas Benua Amerika Utara:

- Sebelah utara berbatasan dengan: Samudra Arktik

- Sebelah selatan berbatasan dengan: Amerika Tengah dan Teluk Meksiko

- Sebelah timur berbatasan dengan: Samudra Atlantik

- Sebelah barat berbatasan dengan: Samudra Pasifik, Laut Bering, dan Selat Bering

Benua Amerika Selatan

Benua Amerika Selatan adalah sebuah benua yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung dengan Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama.

Benua ini meliputi wilayah sebesar 17,840,000 km², dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan selatan bumi. Wilayah Amerika Selatan merupakan bagian dari Amerika Latin dan Kepulauan Karibia bersama dengan Amerika Tengah.

Secara astronomis, Benua Amerika Selatan terletak di antara 16° LU - 56° LU dan 34° BB - 118° BB.

Batas-batas Benua Amerika Selatan:

- Sebelah utara berbatasan dengan: Laut Karibia dan Samudra Atlantik

- Sebelah selatan berbatasan dengan: Selat Drake dan Samudra Atlantik

- Sebelah timur berbatasan dengan: Samudra Atlantik

- Sebelah barat berbatasan dengan: Samudra Pasifik

Benua Eropa

Secara geologis dan geografis, Benua Eropa merupakan sebuah semenanjung atau anak buah (jazirah). Secara astronomi, Benua Eropa terletak di 35° LU - 71° LU dan 11° BB - 66° BT.

Benua Eropa adalah benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas 10.355.000 km². Namun, jika dihitung dari populasinya, Benua Eropa terletak di urutan ketiga dengan populasi terbanyak.

Batas-batas Benua Eropa:

- Sebelah utara berbatasan dengan: Laut Barent dan Laut Norwegia

- Sebelah selatan berbatasan dengan: Laut Hitam, Laut Tengah, dan Selat Gibraltar

- Sebelah timur berbatasan dengan: Benua Asia, Pegunungan Ural, dan Laut Kaspia

- Sebelah barat berbatasan dengan: Samudra Atlantik

Benua Australia

Benua Australia merupakan benua yang terletak di bagian timur dan selatan Indonesia. Benua ini terkenal dengan luas wilayah hanya 5,9 persen dari luas daratan bumi.

Dengan total luas daratan sekitar 8.945.000 km2. Benua Australia termasuk dalam kategori benua yang datar karena memiliki pegunungan dengan rata-rata ketinggian mencapai 300 meter di atas permukaan air.

Secara astronomis, Benua Australia terletak diantara 113º BT - 115º BT dan 10º LS -43º LS.

Batas-batas Benua Australia:

- Sebelah utara berbatasan dengan: Laut Timor dan Laut Arafuru

- Sebelah selatan berbatasan dengan: Samudra Hindia

- Sebelah timur berbatasan dengan: Laut Tasman, Laut Koral dan Samudra Pasifik

- Sebelah barat berbatasan dengan: Samudra Hindia

Benua Antartika

Benua Antartika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan di bumi. Benua ini sebut Antartika karena berlawanan dengan kawasan Arktik. Dengan luas sekitar 14.000.000 km2 atau sekitar dua kali luas wilayah Benua Australia.

Secara astronomis, Benua Antartika terletak diantara 66,5° LS - 90° LS. Sekitar 98% dari Benua Antartika tertutup oleh es yang rata-rata ketebalannya minimal 1,9 km maka suhunya sangat dingin hingga mencapai 100° C.

Benua Antartika dikelilingi oleh tiga Samudra, yaitu Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik.

Benua Antartika juga dipisahkan oleh pegunungan antara Laut Ross dan Laut Weddell. Sehingga, wilayahnya menjadi Antartika Barat dan Antartika Timur.

Benua ini hanya ditinggali oleh organisme yang dapat hidup dan beradaptasi di suhu dingin termasuk berbagai jenis fungi, alga, bakteri, protista, tumbuhan. Sedangkan hewan seperti penguin, nematoda,dan anjing laut.

Selain itu, Benua Antartika juga merupakan zona bebas, walaupun sampai saat ini masih ada beberapa negara di dunia yang mengajukan klaim kepemilikan wilayah di Benua tersebut.

1
5

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini