Share

Rebutan Berlian, 4 Negara Ini Minta Pihak Kerajaan Inggris Kembalikan Berlian Milik Ratu Elizabeth II

Nadilla Syabriya, Okezone · Selasa 20 September 2022 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 18 2671427 rebutan-berlian-4-negara-ini-minta-pihak-kerajaan-inggris-kembalikan-berlian-milik-ratu-elizabeth-ii-p7KOvrzI9c.jpg Mahkota penuh permata milik Ratu Elizabeth II (Foto: PA Wire)

LONDON - Wafatnya Ratu Elizabeth II telah memicu perselisihan bekas jajahan Inggris yang meminta keluarga Kerajaan Inggris mengembalikan beberapa berlian berharga fantastis yang diklaim sebagai milik mereka.

Saat kerajaan Inggris memperluas dan memperoleh wilayah jajahan, batu mulia yang tak ternilai harganya ini dibawa ke Inggris. Batu tersebut telah digunakan sebagai cenderamata atau hanya sekadar rampasan perang.

Ratu Elizabeth II dipandang sebagai satu-satunya yang memiliki koneksi terakhir ke masa kekaisaran Inggris. Karena itu, negara-negara ini menginginkan perhiasan mereka kembali.

Baca juga: Tanpa Ratu Elizabeth II, Persemakmuran Hadapi Masa Depan yang Tak Pasti

Diketahui bahwa batu-batu ini sebenarnya tertanam di dalam permata mahkota milik Ratu, dan telah dipajang berulang kali selama masa berkabung nasional ini.

Baca juga: Warisan Ratu Elizabeth II kepada Raja Charles III, dari Berlian, Tanah, hingga Angsa

Melansir dari Huffingtonpost, berikut adalah deretan negara yang meminta pihak kerajaan mengembalikan berlian milik mereka.

1. Afrika Selatan

Ada seruan baru bagi Inggris untuk mengembalikan berlian terbesar yang diketahui di dunia, The Great Star of Africa yang juga dikenal sebagai Cullinan, sekarang menjadi bagian utama dari tongkat Ratu.

Batu ini ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905 ketika Inggris memerintah negara tersebut. Ini merupakan berlian terbesar yang pernah ditemukan dengan berat 3.106 karat atau berat sedikit di atas satu pon.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Lebih dari 6.000 orang kini telah menandatangani petisi yang meminta The Great Star dikirim kembali ke tempat asalnya dan dimasukkan ke dalam museum Afrika Selatan.

Banyak juga yang menyarankan bahwa presiden negara Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, seharusnya meminta batu itu dikembalikan daripada menyampaikan belasungkawa atas kematian Ratu.

“Berlian Cullinan harus segera dikembalikan ke Afrika Selatan. Mineral negara kita dan negara lain terus menguntungkan Inggris dengan mengorbankan rakyat kita,” kata aktivis Thanduxolo Sabelo.

Seorang anggota parlemen Afrika Selatan, Vuyolwethu Zungula, juga menyerukan pemerintah di Twitter untuk menuntut reparasi dan menuntut pengembalian semua emas dan berlian yang dicuri oleh Inggris

Dia mendorong Afrika Selatan untuk meninggalkan persemakmuran juga dan menyusun konstitusi baru berdasarkan "kehendak rakyat Afrika Selatan".

2. India

India ironisnya pernah disebut 'Permata di Mahkota Kerajaan Inggris' kini mulai meminta kembali permatanya sendiri, di salah satu mahkota Inggris.

"Alih-alih mengembalikan bukti kekejaman mereka ke pemiliknya yang sah, Inggris memamerkan Kohinoor di mahkota Ibu Suri di Menara London. Ini adalah bukti bahwa kolonialisme itu penaklukan tanpa malu, paksaan dan penyalahgunaan," tulis salah satu anggota parlemen India, Shashi Tharoor, dikutip dari celebritynetworth.

Inggris mendapatkan Kohinoor ketika East India Company mengambil permata itu dari Maharaja Duleep Singh yang berusia 10 tahun pada tahun 1849, sebagai bagian dari Perjanjian Lahore.

Kohinoor memiliki berat sekitar 105,6 karat, dan diperkirakan telah ditemukan di India selatan pada tahun 1300-an. Tapi, saat ini Kohinoor terletak di puncak yang pertama kali dibuat pada 1937 untuk penobatan Raja George VI sebagai permaisuri.

3. Pakistan

Pada 2015, Pakistan juga telah mengajukan petisi ke Ratu Elizabeth untuk mengembalikan berlian yang saat itu dipajang di Menara London.

Seorang pengacara yang membuat petisi tersebut, Jawaid Iqbal Jafree, mengatakan bahwa Kohinorr merupakan milik provinsi Punjab dan diambil secara paksa oleh Inggris dari penguasa lokal saat itu.

“Kohinoor tidak diperoleh secara sah. Meraih dan merampas itu adalah tindakan pribadi dan ilegal yang tidak dibenarkan oleh hukum apa pun,” kata Jafree dikutip dari Reuters

4. Afghanistan

Taliban telah menuntut pengembalian berlian Kohinoor pada tahun 2000 dengan mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II harus mengembalikan permata itu 'sesegera mungkin' sehingga dapat dipajang di museum yang dibom di Kabul.

Juru bicara luar negeri Taliban, Faiz Ahmad Faiz, mengatakan bahwa berlian tersebut adalah milik yang sah dari Afghanistan.

“Banyak hal lain yang dicuri dari Afghanistan selama periode kolonial yang sekarang diinginkan Taliban sebagai bagian dari upaya mereka untuk membangun kembali negara mereka yang dilanda perang,” kata Faiz seperti dikutip dari The Guardian

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini