Share

Hubungan Menghangat, Presiden Turki dan PM Israel Bertemu untuk Pertama Kali Sejak 2008

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 21 September 2022 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 18 2671828 hubungan-menghangat-presiden-turki-dan-pm-israel-bertemu-untuk-pertama-kali-sejak-2008-mijkOYtv39.jpg Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Reuters)

NEW YORK - Perdana Menteri (PM) Israel Yair Lapid dan Presiden Turki Tayyip Erdogan bertemu di sela-sela Sidang Umum PBB pada Selasa, (20/9/2022) untuk pembicaraan tatap muka pertama antara para pemimpin negara-negara sekutu AS sejak 2008, menurut kantor PM Israel.

Hubungan Israel-Turki, yang lama membeku di tengah perseteruan atas perjuangan Palestina, telah menghangat dalam beberapa bulan terakhir, dengan energi muncul sebagai bidang utama kerja sama. Kedua negara diharapkan akan segera bertukar duta besar baru.

Selain membahas energi, Lapid berterima kasih kepada Erdogan untuk berbagi intelijen negara dan mencatat permintaan Israel untuk kembalinya empat warganya - dua di antaranya tentara - yang hilang di Jalur Gaza sejak perang 2014, kata kantor Lapid sebagaimana dilansir Reuters.

Turki telah menjadi tuan rumah bagi anggota Hamas, sebuah gerakan Islam Palestina yang menguasai Gaza dan yang oleh sebagian besar negara Barat ditetapkan sebagai kelompok teroris. Relasi antara Turki dengan Hamas itu sering menjadi titik yang mencuat dalam upaya untuk membangun kembali hubungan dengan Israel.

Sementara itu Ankara sangat marah dengan pembunuhan 10 aktivis Turki 2010 dalam bentrokan yang meletus ketika marinir Israel menyerbu sebuah kapal yang mencoba untuk memecahkan blokade laut Israel di Gaza.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini