Share

HUT Kota Bandung, Naik Trans Metro Bandung Gratis

Arif Budianto, Koran Sindo · Minggu 25 September 2022 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 525 2674547 hut-kota-bandung-naik-trans-metro-bandung-gratis-8y2Tm5Ssx1.jpg Upacara peringatan HUT Kota Bandung (Foto: Arif Budianto)

BANDUNG - Kota Bandung memasuki usianya yang ke-212 pada hari ini, Minggu (25/9/2022). Berbagai acara digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) 2022. 

Kegiatan mulai digelar pemerintah, masyarakat, hingga komunitas. Peringatan HJKB oleh Pemkot Bandung digelar dengan upacara di Plaza Balai Kota Bandung.

BACA JUGA:Hujan Deras, Banjir Kepung Kota Bandung 

Bertugas sebagai Inspektur Upacara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Tedy Rusmawan dan Komandan Upacara Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi.

Di barisan paling depan hadir Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, pimpinan Forum Kominikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, serta Ketua PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana.

Hadir pula sejumlah tokoh di antaranya mantan Wali Kota Bandung, Dada Rosada, mantan Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda, sesepuh Kota Bandung, Popong Otje Junjunan.

BACA JUGA:Sesalkan Walikota Bandung Resmikan Gedung ANNAS, Kemenag: Posisi Negara Harusnya Memoderasi 

Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengatakan, HJKB 212 ini harus dijadikan momentum untuk bersama melakukan percepatan dan akselerasi berbagai program di Kota Bandung.

"Momentum pasca Covid, tentu menjadi upaya banyak hal dan PR yang lalu harus segera kita bereskan. Agar seluruh OPD bergerak cepat untuk segera kita bereskan bersama. Tahun ini menjadi tahun terakhir menjelang berakhirnya periode Mang Oded dan kang Yana, ini menjadi momentum untuk terjadi percepatan," imbuhnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Selain menggelar upacara, HJKB juga dirayakan komunitas masyarakat Kota Bandung. Di antaranya Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) dengan menggelar konser selama 30 menit di Taman Musik, Jalan Cikapayang.

KPJ membentuk kelompok band membawakan sejumlah lagu. Mereka membawakan sejumlah lagu ciptaan sendiri secara bergantian. Ketua KPJ Jabar Marta Topeng mengaku konser digelar dalam rangka HUT Kota Bandung dan KPJ. Saat ini, KPJ memasuki usia 32 tahun.

Tak hanya itu, rangkaian HJKB juga dirayakan oleh Perhimpunan Pencak Silat Panglipur Pusat dengan menggelar napak tilas ke beberapa titik. Mulai dari Sumur Bandung, kemudian ke makam pendiri kota Bandung di Dalem Kaum, serta makam para bupati Bandung.

Sebagai hadiah ulang tahun untuk Kota Bandung, Dinas Perhubungan Kota Bandung menggratiskan tarif seluruh koridor Trans Metro Bandung (TMB). Di mana, pada Minggu 25 September 2022, penumpang TMB seluruh koridor tidak dipungut biaya alias gratis.

Di Kota Bandung, terdapat 6 rute TMB. Keenamnya yaitu, Cibiru - Cicaheum, Cicaheum - Cibereum, Ciaheum - Sarijadi, Gunung Batu - Stasiun Hall, Terminal Antapani - Stasiun Hall, Terminal Antapani - Leuwi Panjang.

Trans Metro Bandung adalah penyedia transportasi umum di Bandung yang mengoperasikan bus rute sejak 2004. Trans Metro Bandung memiliki 6 bus rute di Bandung dengan 76 bus pemberhentian.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini