Share

Dinas Kesehatan Riau Kehabisan Vaksin Meningitis

Angkasa Yudhistira, Okezone · Senin 26 September 2022 05:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 340 2674782 dinas-kesehatan-riau-kehabisan-vaksin-meningitis-lc2fFZrnFK.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau kehabisan stok vaksin meningitis untuk memenuhi persyaratan masyarakat yang hendak melaksanakan ibadah umrah.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin dalam keterangannya di Pekanbaru, mengatakan untuk stok vaksin meningitis saat ini sudah habis, namun demikian pihaknya sudah meminta tambahan kuota vaksin meningitis ke pemerintah pusat.

"Sudah habis, tapi kami sudah meminta tambahan kuota vaksin meningitis. Mudah-mudahan pekan depan stok vaksin sudah datang ke Riau," katanya, seperti dilansir dari Antara, Senin (26/9/2022).

Zainal mengatakan, selain ke Dinas Kesehatan, vaksin meningitis juga dikirim oleh pemerintah pusat ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pekanbaru, dan untuk stok vaksin meningitis di KKP tersebut masih tersedia.

"Selain di dinas kesehatan, vaksin meningitis juga distok di KKP, dan sejumlah jemaah Umroh bisa mendapatkannya di KKP ," katanya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil) Kemenag Riau Mahyudin mengatakan, pihaknya belum mendapatkan laporan terkait kekosongan vaksin meningitis tersebut.

"Namun demikian, kita akan berkoordinasi dengan KKP, untuk mengetahui stok vaksin meningitis tersebut. Kalau memang habis, mudah-mudahan segera didatangkan kembali stok vaksin tersebut," katanya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Ia menjelaskan vaksinasi meningitis sangat penting dilakukan oleh jemaah umroh bahkan pemerintah Arab Saudi juga telah mewajibkan Jemaah haji dan umroh harus disuntik vaksin meningitis terlebih dahulu. Suntik vaksin meningitis diharapkan menangkal virus atau bakteri yang dimungkinkan bisa menyebabkan peradangan otak.

Vaksin ini juga bermanfaat untuk menangkal penyakit lain diantaranya HIV, tuberkulosisi, ebola dan lain-lain. Suntik vaksin meningitis ini selain berlaku untuk kegiatan pemberangkatan haji dan umroh juga untuk kegiatan lain seperti perjalanan wisata karena penyakit meningitis ini termasuk penyakit berbahaya, jika dibiarkan tanpa perawatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini