Share

Museum CIA Ternyata Paling Rahasia dan Ekslusif di Dunia, Abadikan Keberhasilan Intelijen AS

Cita Zenitha, MNC Portal · Jum'at 30 September 2022 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 18 2678032

JAKARTA- Museum CIA ternyata paling rahasia dan ekslusif di dunia yang tidak dibuka untuk umum. Markas Badan Intelijen Amerika Serikat atau Central Intelligence Agency (CIA) di Virginia dilengkapi dengan museum yang mengoleksi peralatan dunia spionase alias mata-mata hingga barang sitaan dalam operasi intelijen.

Namun berbeda dengan museum milik badan intelijen Amerika Serikat yang terletak di Langley, Virginia. Museum ini mempunyai lokasi yang tidak terbuka untuk masyarakat publik kecuali jika mereka dipanggil ke markas besarnya.

Dilansir New York Times, Museum CIA ternyata paling rahasia dan ekslusif di dunia telah dibuka untuk memperingati hari ulang tahun museum yang ke 75. Museum ini mendapatkan beberapa renovasi pada bagiannya. Bagaimana tidak, sekitar 600 peninggalan sejarah di pamerkan pamerkan dalam museum ini.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Selain tamu yang mendapatkan izin khusus, staf CIA lah dapat berkunjung ke museum ini. Badan intelijen Amerika Serikat membawa staf CIA berkeliling supaya mereka memahami sejarah CIA. Sehingga kedepannya pada staf dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Di dalam museum itu CIA tidak hanya mengabadikan keberhasilan tetapi juga kegagalan CIA dalam berbagai mistis nyata. Sehingga anggota CIA dapat belajar dari masa lalu untuk masa depan yang lebih baik.

Dalam museum tersebut pengunjung dapat menemukan berbagai senjata dan peralatan mata-mata CIA. Peralatan mata-mata yang diperlihatkan dalam museum tersebut adalah seekor merpati yang dipasangkan kamera pengintai. Peralatan mata-mata ini digunakan dalam misi penangkapan Osama bin Laden.

Selain itu ada juga tikus mati yang digunakan sebagai alat penyimpanan rahasia. Replika terowongan yang dibanguan oleh CIA dan intelegen Inggris MI-16 selama perang dingin berlangsung membentang dari Berlin Barat ke Timur juga kita temukan dalam museum milik CIA tersebut. Ada juga senjata yang ditemukan ketikan Osama bin Laden terbunuh.

Lalu, menyimpan model kapal selam milik Uni Soviet yang sempat hilang pada tahun 1960 di dasar laut. Berbagai barang bersejarah tersimpan dengan baik dalam museum. Bahkan langit-langit musiknya saja menyimpan kode pesan tersembunyi.

Demikian informasi mengenai museum CIA ternyata paling rahasia dan ekslusif di dunia.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini