Share

Tragedi Kanjuruhan, NU Jatim Desak Pengurus PSSI Mundur

Arief Setyadi , Okezone · Senin 03 Oktober 2022 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 519 2679414 tragedi-kanjuruhan-nu-jatim-desak-pengurus-pssi-mundur-9KHJhcjxbz.jpg Tragedi Stadion Kanjuruhan (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA - Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim) KH Abdussalam Shohib merasakan keprihatinan atas terjadinya tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Gus Salam pun meminta pihak terkait untuk bertanggung jawab. 

Sejumlah pihak yang dimaksud Gus Salam yakni, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai penyelenggara liga. Kemudian Polri, sebagai penanggung jawab keamanan dan ketertiban.

"PSSI wajib bertanggung jawab. Semua pengurusnya harus mundur. Itu sebagai bentuk respect terhadap korban dan keluarganya," ujarnya seperti dikutip jatim.nu.or.id, Senin (3/10/2022).

Kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gus Salam meminta agar tegas terhadap jajarannya yang lalai. "Kapolri wajib mencopot Kapolda Jatim dan Kapolres Malang, itu sebagai bentuk pertanggungjawaban pimpinan," tuturnya.

Gus Salam juga meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghentikan kompetisi Liga 1 untuk sementara hingga ada pernyataan resmi dari FIFA. Pihaknya juga meminta pemerintah untuk membentuk tim dengan melibatkan FIFA, penegak hukum, ahli yang independen dan Komnas HAM.

"Harus tegas. Pemerintah harus mengungkap tragedi ini sampai tuntas hingga akar masalahnya," pungkasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini