Share

5 Negara dengan Jajahan Wilayah Terluas, Yuk Simak!

Alfilya Tri Maulina, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 18 2680613 5-negara-dengan-jajahan-wilayah-terluas-yuk-simak-LEUY6COZPk.jpg Ilustrasi masa penjajahan (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Dahulu penjajahan dilakukan oleh negara-negara penguasa untuk mengambil alih dan memperluas wilayah kekuasaan mereka.

Bahkan selain untuk memperluas kekuasaan, penjajahan juga bertujuan untuk mencari rempah-rempah dan sumber daya alamnya bahkan sistem politik dan keyakinan juga mereka inginkan. Kolonialisme merupakan strategi paling bagus yang mereka lakukan.

 Baca juga: Termasuk Indonesia, Ini 5 Negara di Dunia yang Paling Lama Dijajah oleh Bangsa Lain

Penjajahan dilakukan hampir disemua penjuru dunia. Bahkan terdapat sejumlah negara yang memiliki wilayah penjajahan terluas.

Baca juga: Deretan Negara yang Pernah Dijajah Jepang Selain Indonesia, Baca Selengkapnya

Berikut 5 Negara dengan catatan penjajahan terluas, simak ulasannya!

1. Inggris

Negara yang termasuk Britania Raya ini memiliki daerah jajahan terluas sebanyak 115 negara termasuk Australia, Selandia Baru, Kanada, Papua Nugini, dan masih banyak lagi.

Dilansir melalui news18.com Meskipun negara Inggris tidak memiliki wilayah yang begitu luas tetapi Inggris mampu menumbuhkan kerajaan terbesar dalam sejarah hingga kini.

2. Belanda

Negara dengan ikon kincir angin ini juga termasuk dalam daftar sebagai negara dengan jajahan terluas di dunia.

Dilansir melalui Worldatlas.com bahwa Belanda pernah menjajah negara Indonesia. Bahkan Belanda termasuk negara dengan jumlah jajahan cukup banyak diantaranya negara-negara yang berada di Eropa.

Termasuk Amerika Serikat, Brasil, Sri lanka, Afrika Selatan dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Spanyol

Spanyol juga termasuk negara dengan jajahan terluas saat ini Spanyol memimpin Eropa sebagai penjelajah global dan kekuatan kolonial yang memperluas kekuasaannya ke seluruh dunia, dimulai dengan pelayaran Christopher Columbus ke Amerika pada tahun 1492.

Dilansir melalui Worldatlas.com Sampai hari ini, Spanyol masih memegang wilayah di luar negeri di tempat-tempat seperti Ceuta dan Melilla di Afrika Utara, tetapi banyak dari koloni sebelumnya telah hilang dalam perang sejarah.

4. Turki

Turki juga termasuk dalam daftar negara dengan jajahan wilayah terluas. Negara Bekas Kekaisaran Usmani atau yang dikenal juga dengan Kekhalifahan Ottoman merupakan salah satu dinasti terkuat dan terlama dalam sejarah dunia

Negara yang pernah menjadi bagian dari Kekhalifahan Turki Utsmani yaitu Irak, Hungaria, Mesir dan masih banyak yang lainnya.

Dilansir melalui Britannica.com bahwa wilayah jajahan Turki mencakup tiga benua yaitu, Eropa, Asia, dan Afrika.

5. Prancis

Negara yang sangat ikonik dengan menara Eiffel ini juga termasuk dalam daftar negara dengan wilayah jajahan terluas di dunia.

Dilansir melalui Globalsecurity.org Prancis memiliki kekuasaan dengan luas sepuluh juta kilometer persegi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini