Share

Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia Lahirkan Bali Roadmap, Sandiaga Uno: Kita Siap Berkolaborasi

Mohamad Chusna, Sindonews · Sabtu 08 Oktober 2022 01:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 08 244 2682994 konferensi-ekonomi-kreatif-dunia-lahirkan-bali-roadmap-sandiaga-uno-kita-siap-berkolaborasi-l374MIH9Dp.jpg Sandiaga Uno. (Foto: M Chusna)

DENPASAR - Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia melahirkan dokumen Bali Roadmap. Isinya berupa peta jalan bagi negara-negara untuk membangkitkan perekonomian dunia melalui sektor ekonomi kreatif. 

"Baru saja menteri-menteri ekonomi kreatif yang hadir dalam Wolrd Conference on Creative Economy menyepakati Bali Roadmap sebagai peta jalan kebangkitan ekonomi yang akan ditulangpunggungi ekonomi kreatif," kata Menparekraf Sandiaga Uno di Nusa Dua, Kamis 6 Oktober 2022. 

Dia menjelaskan, Bali Roadmap akan menjadi semangat baru bagi dunia untuk membangkitkan perekonomian sesuai semangat G20 tahun ini, yaitu recover together recover stronger. 

Dengan Bali Roadmap, negara-negara yang hadir dalam WCCE sepakat menempatkan sektor ekonomi kreatif dalam kebijakan pembangunan ekonomi mereka. 

 Baca juga: Sandiaga Uno Tegaskan Ekonomi Kreatif Jadi Benteng Ancaman Resesi Global

Indonesia, kata Sandiaga, mengambil posisi sebagai leader dalam kesepakatan itu. "Kita siap berkolaborasi untuk menghadirkan solusi tentang pembukaan lapangan kerja, pelibatan kaum muda dan perempuan dalam membangkitkan ekonomi," jelasnya. 

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam mengatakan, industri kreatif terbukti mampu bertahan dalam masa pandemi selama dua tahun lebih. 

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Bali Roadmap bertujuan meningkatkan kualitas industri kreatif agar makin punya peran signifikan dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomian suatu negara. 

Ada beberapa upaya konkret dalam Bali Roadmap, mulai dari memasukkan sektor kreatif dari informal menjadi industri, lalu pemberian hak kekayaan intelektual, pembiayaan hingga digitalisasi. "Bali Roadmap ini bagaimana agar ekonomi kreatif bisa masuk bagian perekonomian dunia," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini