Share

Lima Remaja Usia 14 hingga 16 Tahun Ditangkap Diduga Selundupkan Narkoba, 226 Gram Ganja Disita Bernilai Rp77 Juta

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 28 Oktober 2022 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 28 18 2696469 lima-remaja-usia-14-hingga-16-tahun-ditangkap-diduga-selundupkan-narkoba-226-gram-ganja-disita-bernilai-rp77-juta-fapHMYqbN4.jpg Lima remaja ditangkap karena diduga menyelundupkan narkoba (Foto: CNB)

SINGAPURA - Biro Narkotika Pusat (CNB) Singapura pada Kamis (27/10/2022) mengatakan lima remaja ditangkap karena diduga menyelundupkan ganja dalam dua kasus terpisah bulan ini.

CNB dalam rilis berita mengatakan para tersangka - tiga remaja berusia 14 dan dua berusia 16 - adalah siswa dari sekolah lokal dan internasional.

Sekitar 226 gram ganja, diperkirakan bernilai hampir 7.000 dolar Singapura (Rp77 juta), produk makanan yang diyakini mengandung ganja, dan peralatan obat-obatan disita dalam dua kasus tersebut.

Dikutip CNA, dalam kasus pertama, petugas Immigration and Checkpoints Authority (ICA) di Bagian Pos Paket mendeteksi paket yang diduga berisi pernak-pernik narkoba.

 Baca juga: Miris! Pelajar Berusia 17 Tahun Ditangkap Gegara Bawa 7 Kg Ganja Kering

Dalam operasi lanjutan, petugas CNB menangkap seorang anak laki-laki dan perempuan, keduanya berusia 16 tahun, di Jalan Bukit Batok 21 karena diduga melakukan pelanggaran perdagangan narkoba.

Baca juga:  Pengedar Ganja Ditangkap saat Asyik Rebahan di Ruang Tamu

Sekitar 59 gram ganja, beberapa diyakini telah dicampur dengan tembakau dan digulung menjadi sendi, dan perlengkapan obat-obatan disita dari rumah gadis itu.

Dalam kasus kedua, seorang anak laki-laki berusia 14 tahun ditemani ayahnya menyerahkan sekitar 115 gram ganja di sebuah pos polisi/

Follow Berita Okezone di Google News

Remaja itu kemudian diantar ke rumahnya, di mana sekitar 52 gram ganja dan produk makanan yang diyakini mengandung ganja disita.

Dalam operasi lanjutan, petugas CNB menangkap dua anak laki-laki berusia 14 tahun lagi karena diduga melakukan perdagangan narkoba. Satu ditangkap di kawasan Jalan Clementi, dan satu lagi di kawasan Jalan Serangoon.

Petugas CNB juga menemukan produk makanan yang diduga mengandung ganja dari blok perumahan di kawasan Serangoon Road.

Penyelidikan terhadap aktivitas narkoba semua tersangka sedang berlangsung. Dalam rilis beritanya, CNB menyoroti bahaya penggunaan ganja untuk pelaku muda.

"Ada penelitian yang beralasan dan kuat yang telah menunjukkan efek buruk jangka pendek dan jangka panjang yang terkait dengan penggunaan ganja, termasuk gangguan kognitif pada otak remaja yang sedang berkembang," katanya.

"Temuan ini menguatkan posisi Singapura bahwa ganja harus tetap menjadi obat terlarang,” lanjutnya

Direktur Divisi Penegakan CNB Lim Fung Suan meminta orang tua untuk membantu mendidik anak-anak mereka tentang bahaya narkoba.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini