Share

Jual Dawet Campur Karbit, Warga Jember Diringkus Polisi

Bambang Sugiarto, iNews · Kamis 17 November 2022 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 519 2709613 jual-dawet-campur-karbit-warga-jember-diringkus-polisi-yOJs7C1Kxu.jpg Ilustrasi penjara (Foto: Dok Sindo)

JEMBER - Seorang warga Jember, Jawa Timur dibekuk polisi. Ia memproduksi dawet jomble dan nata decoco dicampur dengan zat kimia berbahaya yakni kalsium karbida atau karbit.

Pelaku HL, warga Desa Darungan, Kecamatan Tanggul, Jember itu langsung digiring ke Kantor polres setempat untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Polisi juga menyita aneka makanan yang diproduksi HL seperti dawet jomble, natadecoco, tepung tapioka, lima bungkus kalsium karbida, satu jeriken air kelapa, satu jeriken cuka, dua bungkus benzoat, lima bungkus citric acid, dan satu bungkus gula.

BACA JUGA:Mulai Terkuak! Polisi Duga Satu Keluarga di Kalideres yang Tewas Akibat Keracunan 

HL diketahui memproduksi dawet jomble dan natadecoco itu di rumahnya. Ia mempoduksi sejak tiga tahun lalu dan menjualnya ke berbagai pasar di wilayah Jember dan Lumajang dalam kemasan.

Polisi langsung menangkap HL setelah menerima informasi dari warga. Di mana, pelaku memberi zat kimia berbahaya pada makanan yang di produksinya itu. Kendati demikian, tidak ada laporan korban atas kejadian ini.

Menurut Kasat Reskrim Polres Jember, AKP Dika Hardiyan Wiratama membenarkan aksi yang dilakukan HL lantaran membuat makanan di campur zat kimia berbahaya.

Atas ulahnya, pelaku dijerat dengan Pasal 62 Ayat (1) junto Pasal 8 Ayat (3) Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2019 tentang Keamanan Pangan dengan ancaman pidana 5 tahun penjara.

 BACA JUGA:Polisi Buru Pedagang Spageti Diduga Penyebab Keracunan Siswa MTs di Jaksel

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini