Share

Lilis Khoirunisa: Manfaatkan Program JKN untuk Pemeriksaan Kehamilan

Imam Rachmawan, · Jum'at 18 November 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 1 2709912 lilis-khoirunisa-manfaatkan-program-jkn-untuk-pemeriksaan-kehamilan-tmnvSTBjdY.jpg Lilis Khoirunisa (32), memanfaatkan program JKN melalui BPJS Kesehatan untuk dipergunakan memeriksakan kehamilannya pada salah satu rumah sakit di Kota Bogor. (Foto: dok BPJS Kesehatan)

BOGOR – Pemeriksaan kehamilan dan tindakan persalinan merupakan salah satu manfaat yang dijamin oleh Program JKN melalui BPJS Kesehatan. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Lilis Khoirunisa (32) yang merupakan peserta JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) untuk dipergunakan memeriksakan kehamilannya pada salah satu rumah sakit di Kota Bogor.

BACA JUGA:MCS BPJS Kesehatan Permudah Wiwie Dapatkan Akses Layanan Kepesertaan

Lilis menceritakan mengapa pada saat masa kehamilannya perlu pemeriksaan di rumah sakit, bagaimana pelayanan dan prosedur yang dilalui hingga dapat menggunakan kepesertaan JKN sebagai penjamin.

“Pada saat masa kehamilan saya menggunakan BPJS Kesehatan sebagai penjamin dalam memeriksakan kandungan. Pada saat itu saya memeriksakan di klinik saya terdaftar tetapi karena hasil pemeriksaan ternyata perlu pemeriksaan dan perlakuan yang khusus terhadap kandungan saya sehingga perlu dirujuk ke rumah sakit. Setelah mendapatkan surat rujukan saya mengakses layanan rumah sakit yang menjadi tujuan rujukan dan semua layanan administrasi maupun pelayanan medis semuanya dilayani dengan baik tanpa adanya kesulitan,” kata Lilis di ruangan tempatnya bekerja, Rabu (20/07/2022).

Menurut Lilis pemanfaatan jaminan kesehatan Program JKN merupakan hak peserta dan perlu dimanfaatkan sesuai dengan prosedur yang ada. Tetapi Lilis juga mengingatkan bahwa peserta JKN juga tidak hanya menuntut hak tetapi memiliki kewajiban yang harus dilaksanakan, yaitu membayar iuran tepat waktu.

Lilis sendiri tidak perlu cemas iurannya terlewat untuk dibayarkan karena sudah dibayarkan melalui pemotongan pendapatan tetapnya yang disetorkan oleh kantor tempat Lilis bekerja.

“Pergunakan manfaat Program JKN sesuai dengan ketentuan dan prosedur karena merupakan hak kita sebagai peserta JKN tetapi jangan lupa juga terhadap kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh peserta JKN yaitu membayarkan iuran dengan tepat waktu, karena Program JKN ini membutuhkan bantuan-bantuan peserta JKN yang sehat untuk menolong peserta JKN yang membutuhkan perawatan dan tindakan medis. Menurut saya iuran jaminan kesehatan Program JKN ini sangat terjangkau dan menjamin peserta tanpa batasan biaya seperti asuransi komersial. Contohnya seperti iuran pekerja seperti saya hanya dipotong sebesar 1% dari penghasilan saya dan sisanya 4% ditanggung oleh kantor tempat saya bekerja dan itu sudah mencakup seluruh keluarga saya,” ujar Lilis.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(FDA)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini