Share

Imbas Serangan Rudal, Timnas Sepabola Polandia Dikawal Jet Tempur Menuju Qatar

Khafid Mardiyansyah, Okezone · Sabtu 19 November 2022 06:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 19 18 2710606 imbas-serangan-rudal-timnas-sepabola-polandia-dikawal-jet-tempur-menuju-qatar-Veb9brVIEc.JPG

WARSAWA - Video dua jet tempur F-16 yang terbang di sebelah pesawat yang mengangkut pemain sepak bola Polandia menjadi viral di media sosial.

Video yang diunggah ESPN itu menayangkan tim sepak bola nasional Polandia dikawal ke ajang Piala Dunia di Qatar dengan jet tempur F-16.

Itu dilakukan setelah sebuah rudal menghantam Przewodówon, wilayah Polandia timur yang dekat dengan perbatasan Ukraina , pada Selasa lalu.

Video itu telah ditonton hampir 2 juta kali. Jet-jet tempur itu mengawal pesawat pembawa tim sepak bola ke perbatasan selatan Polandia yang kemudian menuju Qatar.

Tim sepak bola nasional Polandia pada Jumat (18/11/2022) juga mem-posting gambar salah satu pesawat F-16 yang mengiringi pesawat mereka.

Rudal buatan Rusia yang menghantam kota Polandia pada hari Selasa, yang telah menewaskan dua orang, adalah insiden pertama dari perang Rusia di Ukraina yang secara langsung berdampak pada anggota NATO.

Polandia mengatakan bahwa rudal itu mendarat di wilayahnya, tetapi intelijen AS terbaru menyatakan bahwa serangan itu dihasilkan dari pencegatan sebagian rudal Rusia oleh sistem pertahanan udara Ukraina.

Tiga pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Associated Press bahwa penilaian awal menunjukkan bahwa rudal tersebut ditembakkan oleh pasukan Ukraina ke arah rudal Rusia yang masuk selama gelombang serangan rudal di Ukraina barat.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut serangan rudal itu eskalasi yang sangat signifikan karena perang di negaranya terus berkecamuk.

Serangan terhadap salah satu dari 30 anggota blok NATO dianggap sebagai serangan terhadap semua anggota berdasarkan Pasal 5 Piagam NATO, yang menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan eskalasi perang di Ukraina.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(kha)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini