Share

Singapura dan 3 Negara ASEAN Akan Ajukan Nominasi Kebaya sebagai Warisan Budaya UNESCO pada Maret 2023

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 24 November 2022 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 18 2714271 singapura-dan-3-negara-asean-akan-ajukan-nominasi-kebaya-sebagai-warisan-budaya-unesco-pada-maret-2023-oZ9qanyR1n.jpg Ilustrasi.

SINGAPURA Kebaya pakaian tradisional yang banyak dikenal dan dikenakan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, akan dinominasikan untuk masuk dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Nominasi kebaya ini merupakan upaya multinasional dari empat negara Asia Tenggara, yaitu Singapura, Brunei, Malaysia, dan Thailand.

BACA JUGA: Singapura dan 3 Negara ASEAN Nominasikan Kebaya sebagai Warisan Budaya UNESCO 

Menurut Dewan Warisan Nasional (NHB) Singapura kebaya akan secara resmi dinominasikan untuk Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan UNESCO pada 23 Maret 2023. Ini akan menjadi nominasi multinasional pertama dari Singapura untuk daftar tersebut.

“Kebaya telah, dan terus menjadi, aspek sentral dalam representasi dan tampilan warisan budaya dan identitas Melayu, Peranakan dan komunitas lainnya di Singapura, dan merupakan bagian integral dari warisan kami. sebagai kota pelabuhan multikultural, dengan hubungan lintas Asia Tenggara dan dunia,” kata CEO NHB Chang Hwee Nee sebagaimana dilansir Straits Times.

Nominasi bersama kebaya ini menjadi penekanan multikulturalisme ini dan akar bersama Singapura dengan kawasan Asia Tenggara.

Kebaya adalah pakaian tradisional wanita yang populer di wilayah tersebut, kata NHB, dan “mewakili dan merayakan sejarah bersama di wilayah tersebut, mempromosikan pemahaman lintas budaya dan terus hadir dan secara aktif diproduksi dan dikenakan oleh banyak komunitas di Asia Tenggara".

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Diterangkan NHB, nominasi multinasional untuk kebaya ini diusulkan dan dikoordinasikan oleh Malaysia dan telah dibahas dalam rangkaian rapat di antara sejumlah negara pada 2022. Brunei, Malaysia, dan Thailand telah setuju untuk bekerja sama dalam nominasi kebaya untuk Daftar Warisan Budaya UNESCO, dan mereka menyambut negara lain yan ingin bergabung dalam nominasi ini.

Mulai Januari hingga Maret 2023, NHB akan melakukan kampanye peningkatan penjangkauan publik untuk menginformasikan masyarakat terkait nominasi ini.

Nantinya, UNESCO akan menilai nominasi berdasarkan definisi warisan budaya takbenda, dan seberapa baik masing-masing dari empat negara akan memastikan promosi dan transmisi praktik terkait kebaya. Hasil dari penilaian nominasi diharapkan diumumkan pada akhir 2024.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini