Share

Bersama Puluhan Kepala Daerah Terpilih, Andi Harun Hadiri Digital Leadership Academy di Singapura

Imam Rachmawan, · Jum'at 25 November 2022 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 340 2714968 bersama-puluhan-kepala-daerah-terpilih-andi-harun-hadiri-digital-leadership-academy-di-singapura-JPT7dsHweq.jpg Walikota Samarinda Andi Harun terpilih menghadiri Digital Leadership Academy (DLA) di Singapura. (Foto: dok Pemkot Samarinda)

SINGAPURA - Wali Kota Samarinda Andi Harun terpilih untuk ikut dalam Digital Leadership Academy (DLA) di Singapura. Ia bersama dengan puluhan kepala daerah lainnya berdasarkan penunjukan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.

Diagendakan program DLA itu dilaksanakan sejak 23 November 2022 hingga 26 November 2022 di Singapura.

DLA merupakan program pelatihan unggulan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang pelaksanaannya dirancang bersama perguruan tinggi terbaik dunia, di antaranya National University of Singapore (NUS), Tsinghua University, Harvard University, dan University of Oxford.

BACA JUGA:Ada IKN, Samarinda Bakal Jadi Kota Metropolitan

Disampaikan Menkominfo Johnny G. Plate, kepemimpinan digital sangat penting sebagai salah satu kunci keberhasilan transformasi digital nasional. Sebagai pembuat kebijakan, diperlukan pengetahuan substansi yang mendasar dan perluasan ekosistem digital agar dapat membuat kebijakan kolaboratif dan sinergi untuk mendukung pengembangan ekosistem digital di Indonesia.

Dipilihnya Singapura untuk kegiatan ini karena Singapura merupakan Negara dengan peringkat ke-5 tertinggi pada Digital Competitiveness Ranking dalam hasil survey International Institute for Management Development (IMD) tahun 2021.

Dalam DLA kali ini, sebanyak 20 orang dari 500 orang kepala daerah terpilih dengan kriteria tertentu seperti, kabupaten/kota terinovatif, realisasi APBD tertinggi, inflasi dibawah rata-rata nasional serta masa jabatan sampai dengan tahun 2024.

Dalam kesempatan itu, berdasarkan video yang didapatkan, Andi Harun sempat berbicara mengenai sistem digital dalam hal penyaluran bantuan sosial, seperti misalnya PKH (Program Keluarga harapan) dan BLT (Bantuan Langsung Tunai).

Untuk Samarinda, diketahui berhasil meningkatkan APBD mereka sejak dijabat Wali Kota Samarinda Andi Harun. APBD Samarinda pada 2022 lalu adalah sebesar Rp2,6 triliun dan kemudian meningkat tajam di APBD 2023, sebesar Rp3,9 triliun.

Sementara itu, untuk inflasi, berdasarkan data BPS Kaltim, capaian Samarinda pada September 2022 adalah sebesar 0,83 persen.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(FDA)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini