Share

5 Fakta Menarik Negara Senegal yang Disebut Sebagai Gerbangnya Afrika

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Senin 28 November 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 18 2716076 5-fakta-menarik-negara-senegal-yang-disebut-sebagai-gerbangnya-afrika-MaurMKsA4f.jpg Ilustrasi (Foto: IPS Journal)

JAKARTA- 5 fakta menarik negara Senegal yang disebut sebagai gerbangnya Afrika menarik untuk dibahas.

Pasalnya, negara yang dijuluki sebagai “The Gate of Africa” atau gerbangnya Afrika ini tengah berlaga di Piala Dunia 2022. Setelah kalah dari Belanda di laga perdana Grup A, Senegal kembali bangkit dan mengalahkan Qatar dengan skor 3-1 pada Jumat (25/11/2022).

Tak heran jika publik menjadi tertarik dan mencari fakta-fakta tentang negara ini. Nah, berikut 5 Fakta Menarik Negara Senegal yang Disebut Sebagai Gerbangnya Afrika.

5 fakta menarik negara Senegal yang disebut sebagai gerbangnya Afrika

1. Memiliki beragam warisan alam

Senegal merupakan sebuah negara yang terletak di barat Afrika dan memiliki rute perjalanan udara serta laut. Negara ini menempati batas ekologi yang mana merupakan batas pertemuan antara rumput semikering, tepi laut, dan hutan hujan tropis.

Follow Berita Okezone di Google News

Karena lingkungannya yang beragam inilah Senegal memiliki beragam warisan alam berupa tumbuhan dan hewan. Senegal pun menobatkan pohon baobab dan singa sebagai simbol negara.

2. Memiiki pulau kecil yang terbuat dari kulit kerang

Joa-Fadiouth merupakan sebuah pulau yang terbuat dari jutaan cangkang kerang. Cangkang kerang tersebut telah terakumulasi dari generasi ke generasi karena penduduk setempat telah memanennya sejak satu abad yang lalu. Sementara itu, akar dari hutan bakau dan alang-alang menjadi struktur dari pulau ini.

3. Pernah menjadi pusat perdagangan budak

Pada abad ke-15 hingga abad ke-19, Pulau Goree yang berlokasi di lepas pantai Senegal menjadi pusat perdagangan budak terbesar di Afrika. Orang-orang menjuluki pulau ini dengan “pintu tanpa kembali”. Karena, jutaan orang yang dikirim ke pulau ini setiap tahun tak akan pernah kembali ke rumahnya, melainkan menjadi budak di Karibia dan Amerika.

Saat ini, pulau dengan luas 28 hektar ini masih memiliki benteng, tempat tinggal budak, rumah bekas pedangan budak, dan telah terdaftar di UNESCO.

4. Rumah bagi 7 situs warisan dunia

Tahu kah Anda jika Senegal merupakan rumah bagi 7 situs warisan dunia yang telah diakui UNESCO? Tujuh situs tersebut adalah Pulau Goree, Lingkaran Batu Senegambia, Taman Nasional Niokolo-Kobo, Delta Saloum, Negeri Bassari, Pulau Saint-Louis, dan Suaka Burung Nasional Djoudj.

5. Terdapat danau berwarna pink

Danau yang satu ini merupakan sebuah keajaiban alam yang ada di Senegal. Lac Rose berlokasi tak jauh dari ibu kota Senegal dan terkenal dengan airnya yang berwarna pink.

Lac Rose sendiri memiliki kandungan garam yang sangat tinggi dan sebanding dengan Laut Mati. Warna merah muda atau pink dari Lac Rose disebabkan karena adanya bakteri Dunaliella Salina yang menghuni danau ini.

Nah, itulah 5 Fakta Menarik Negara Senegal yang Disebut Sebagai Gerbangnya Afrika. Tertarik untuk datang?. 

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini